Bulan Depan, KPU Launching Tahapan Pilkada 2018 – Rakyat Maluku
AMBONESIA

Bulan Depan, KPU Launching Tahapan Pilkada 2018

Pontoh: Tingkat Partisipasi Demokrasi Pilkada Maluku Terbaik

Rakyatmaluku.com – BILA tak ada aral, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan melaunching tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak secara nasional, pada awal bulan Desember 2017 mendatang. Launching tahapan Pilkada serentak Tahun 2018 ini, termasuk di dalamnya untuk Pilkada yang akan di Provinsi Maluku. Setelah launching tersebut, maka seluruh KPU di tingkat daerah,  sudah harus menyiapkan segala perangkat kebutuhan untuk kelancaran pelaksaan Pilkada. Demikian disampaikan Plt Ketua KPU Maluku, Irene Pontoh, saat ditemui wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Senin, 13 November 2017.

Selain agenda launching tahapan Pilkada serentak, kegiatan ini juga dirangkai dengan peresmian Rumah Pintar Pemilu, yang berlangsung di Kantor KPU Pusat, Jakarta. Bila harus belajar dari pengalaman pelaksaan Pilkada di Maluku, maka seluruh tahapan dan pelaksaan Pilkada dari awal hingga akhir di Maluku dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar. Kiranya, untuk Pilkada langsung jilid III di Maluku nanti, juga diharapkan dapat berlangsung tertib, aman dan lancar, seperti Pilkada langsung Jilid I dan II, yang sudah digelar pada tahun lalu.

Pontoh mengakui, berdasarkan hasil penilaian untuk kegiatan Pilkada baik jilid I maupun jilid II yang sudah digelar pada tahun lalu, Maluku termasuk peringkat terbaik dalam status sebagai daerah dengan penyelenggaraan Pilkada yang demokratis di Indonesia. Hal ini diakuinya, karena pelaksanaan Pilkada di Maluku mulai dari tahapan awal, sampai akhir berjalan aman dan lancar, tanpa gangguan apapun. Bahkan, masyarakat secara terbuka menerima hasil Pilkada meski dinamikanya cukup tinggi baik saat pra hingga saat Pilkada dilaksanakan. “Saya harap pada pemilihan mendatang, Maluku kembali menjadi percontohan nasional dalam hal berdemokrasi,” pesan dia.

Agar pelaksanaan Pilkada jilid III di Maluku berjalan aman, lancar dan tertib, maka tentu seluruh pendukung atau perangkat pelaksanaan Pilkada, mulai masyarakat, KPU, Bawaslu, Panwas, PPK, hingga PPS, dan terutama pemerintah yang di dalamnya terdapat aparat keamanan baik itu TNI maupun Polri, agar sama-sama mendukung terselenggaranya kegiatan ini. Pasalnya, Pilkada menjadi bagian penting dari setiap tahapan pembangunan yang direncanakan. Kalau Pilkada dapat dilaksanakan dengan lancar, aman dan tertib tanpa gangguan apapun, maka sudah dapat dipastikan pembangunan juga dapat berjalan secara normal. Pilkada jilid III di Maluku pada 27 Juni 2018, yakni pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tenggara, dan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tual. (YAS)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!