Pertumbuhan Ekonomi Maluku Di Atas Angka Nasional – Rakyat Maluku
PRO-BISNIS

Pertumbuhan Ekonomi Maluku Di Atas Angka Nasional

Rakyatmaluku.com – TINGKAT pertumbuhan ekonomi Provinsi Maluku selama 2016 mencapai 5,76 persen dan berada di atas angka rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional. “Pertumbuhan ekonomi kita pada 2016 juga lebih tinggi dari 2015 yang hanya berada di angka 5,44 persen,” kata Gubernur Maluku, Said Assagaff, akhir pekan kemarin.

Penjelasan Assagaff disampaikan dalam rapat paripurna DPRD dalam rangka penyampaian LKPJ Gubernur 2016 dipimpin Ketua DPRD Maluku, Edwin Adrian Huwae.

Assagaff mengemukakan, mewujudkan kese­jah­teraan masyarakat secara utuh, adil, dan merata di seluruh pelosok wilayah ini, maka Pemprov Maluku intensif mengupayakan penurunan tingkat kemiskinan dan pengangguran yang dilaksanakan dengan berbagai program pemberdayaan masyarakat. Upaya ini juga telah memberikan dampak terhadap menurunnya tingkat kemiskinan pada September 2016 yang mencapai 19,26 persen dibanding posisi yang sama 2015 mencapai 19,36 persen.

Dampak positif juga terlihat pada penurunan tingkat pengangguran terbuka yang menurun menjadi 7,05 persen pada posisi Agustus 2016 di­ban­ding periode yang sama 2015 sebesar 9,93 persen.

“Penurunan angka kemiskinan penduduk serta pengangguran terbuka ini tidak terlepas dari meningkatnya pertumbuhan ekonomi ,” tan­das Assagaff.

Namun masih ada faktor lain yang secara global bisa membawa pengaruh terhadap tingkat kemiskinan penduduk.
“Hampir setiap tahun kita menyiapkan ang­garan untuk program pemberdayaan masyarakat, tetapi terkadang ada regulasi yang membuat angka kemiskinan tidak bisa menurun dengan cepat, termasuk kenaikan harga barang yang di Maluku sangat terasa,” tegas Assagaff.

Assagaff merasa optimistis dengan ketersediaan sumber daya alam seperti gas Blok Masela yang bila dikelola maksimal, maka dalam rentang waktu sepuluh tahun kedepan dapat meningkatkan kese­jahteraan masyarakat Maluku. (YAS)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top