Taihuttu: Orang MBD Harus Dukung Orno – Rakyat Maluku
POLITIK

Taihuttu: Orang MBD Harus Dukung Orno

Jafry Taihuttu

Rakyatmaluku.com – SEKRETARIS DPD PDIP Kota Ambon, Jafry Taihuttu mengatakan, Barnabas N Orno sudah teruji dan merupakan salah satu kader terbaik  PDIP yang masuk dalam bursa Pilgub Maluku bersama  beberapa kader terbaik lainnya seperti Komarudin Watubun, Tagop S Soulissa,  Herman Koedoeboen dan sejumlah figur bakal calon wakil gubernur lainnya.

‘’Jadi kalau ada komentar bahwa pak Abas Orno itu belum layak untuk pimpin Maluku saya kita itu sangat tidak beralasan,’’ tandasnya kepada Rakyat Maluku, Jumat, 2 Juni 2017, menanggapi pernyataan dari Herman Samiloy yang dimuat koran ini edisi kemarin.

Menurut Taihuttu, orang di Pulau Seram memandang Orno sangat layak untuk maju di Pilgub Maluku, demikian pula dengan orang di Nusalaut, di Saparua dan di Pulau Buru. Bahkan masyarakat di Kota Ambon dan Maluku Tenggara pada umumnya mendukung langkah Orno.

‘’Nah, mestinya orang MBD yang terkenal dengan adat santunnya itu harus ikut mendukung Bupati MBD ini. Karena di mata masyarakat Maluku yang lain, Orno adalah sosok yang berani mengambil keputusan dan Maluku memang membutuhkan sosok pemberani seperti beliau,’’ tanas putra Hulaliu ini.

Ia mencontohkan, di Maluku ini, hanya satu kabupaten saja yang bupatinya berani memindahkan ibu kota kabupaten dengan cara membuka hutan menjadi lahan baru sebagai pusat pemerintahan.

‘’Selain di Maluku Utara, di Maluku hanya satu daerah saja yang berani dan berhasil menyulap hutan rimba menjadi kota. Dalam hitungan empat tahun saja, Tiakur yang dulunya hutan sudah berubah menjadi kota. Itu sangat luar biasa,’’ ujar anggota DPRD Kota Ambon dari Dapil Baguala ini.

Selain itu, tandas mantan wartawan Suara Maluku ini, Orno adalah kader PDIP yang berproses dari bawah. ‘’Beliau itu dulunya birokrat tulen yang mulai dari bawah. Mulai dari pegawai di Dinas Sosial Provinsi Maluku, bertugas di Tual Maluku Tenggara, lalu kemudian ketika MTB dimekarkan mutasi ke MTB, sempat menjadi camat dan kemudian menjadi kepala dinas sosoial. Setelah itu menjadi wakil bupati di MTB dan kemudian menjadi bupati di MBD selama dua periode,’’ beber dia sembari menambahkan, hal inilah yang membedakan Orno dengan Tagop S Soulissa atau sosok lain seperti Abdullah dan Abua Tuasikal.

Jadi, ia menyebutkan, karena sepak terjang selama di birokrat inilah, Orno dikenal di seantero wilayah tenggara Maluku.

Keberhasilan Orno yang lain, kata Jafry Taihuttu, MBD yang merupakan wilayah kepulauan dan sangat jauh dari pusat ibu kota provinsi tetapi hasil audit BPK-nya  tidak disclaimer, sama seperti Kota Ambon dengan predikat Wajar Dengan Pengecualian.

Ia lalu menandaskan, sebagai kader PDIP dirinya berkewajiban untuk menjelaskan hal ini kepada publik. ‘’Jadi saya berkewajiban untuk menjelaskan ini. Bukan saja terhadap pak Abas, kader partai siapa saja yang diskreditkan saya harus tampil untuk menjelaskan kepada publik,’’ tambahnya.

Taihuttu berpesan agar penilaian terhadap figur seseorang itu mestinya jangan dari sudut pandang kepentingan politik saja. ‘’Jangan menilai orang itu hanya karena aspek atmosfir politik yang ada sekarang ini saja. Sebaiknya gunakan pendekatan yang sifatnya rasional dan faktual sehingga tidak terkesan ada pesan sponsor,’’ pesannya.

Ia juga mengharapkan agar semua pihak bisa memberikan ruang kepada setiap orang untuk meng­apresiasi diri sehingga kompetisi untuk pendidikan politik dalam rangka Pilgub Maluku ini bisa berlangsung dengan baik.
‘’Yang pasti, semua kader dan non kader yang mendftar di PDIP punya kans dan peluang yang sama. Semua punya kemampuan dan sudah teruji. Karena itu, mari kita berikan ruang yang baik kepada untuk berkompetisi,’’ ajak Taihuttu. (NAM)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top