Dampak Negatif Mengonsumsi Makanan Pedas saat Sahur – Rakyat Maluku
KESEHATAN

Dampak Negatif Mengonsumsi Makanan Pedas saat Sahur

PILIHAN makanan dan minuman selama berpuasa harus tetap berpedoman pada menu gizi seimbang. Namun ada juga beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat sahur dan berbuka puasa. Salah satunya makanan pedas.

Ahli Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), Diah M. Utari mengatakan, mengonsumsi makanan pedas atau asin saat sahur, bisa berdampak buruk terhadap kondisi tubuh. Maka dari itu, Diah sangat tidak mengajurkannya.

“Dampaknya nanti lebih mudah haus saat puasa,” kata Diah, Sebagaimana dikutip Jawapos.com.

Pun demikian ketika mengonsumsi makanan asam saat berbuka. Ini juga tidak dianjurkan. Sebab makanan asam akan merangsang pengeluaran asam lambung yang berlebihan.

“Pada orang yang sensitif atau penderita maag, justru akan meningkatkan risiko munculnya penyakit maag,” ungkapnya.

Ada lagi makanan yang harus dihindari. Di antaranya makanan tinggi lemak saat berbuka seperti kolak dengan santan yang kental atau gorengan.  Sebab tubuh membutuhkan energi yang cukup tinggi untuk mencerna lemak. Padahal setelah berpuasa sekitar 13 jam energi tubuh kita sangat rendah.

“Sehingga jika berbuka dengan mengonsumsi makanan tinggi lemak, justru membuat tubuh akan semakin lemas,” pungkas Diah. (cr1/JPG)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top