Pesawat Kemenhub Tergelincir Di Bandara Pattimura – Rakyat Maluku
BERITA UTAMA

Pesawat Kemenhub Tergelincir Di Bandara Pattimura

Rakyatmaluku.com – PESAWAT Kalibrasi jenis King Air milik Kemen­terian Perhubungan (Kemenhub) RI  tergelincir  saat mendarat di Bandara Pattimura Ambon  sekitar pukul 13.15 WIT Rabu 31 Mei 2017. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Namun  akibat peristiwa ini,  Bandara Pattimura Ambon ditutup selama tiga jam. Setelah peristiwa terjadi puluhan anggota Lanud Pattimura Ambon bersama petugas Angkasa Pura I Ambon dan tim SAR tiba di lokasi untuk mengevakuasi para penumpang pesawat.

Komandan Lanud Pattimura Ambon Kolenel Penerbang Aldrin Petrus Mongan menyatakan pesawat tersebut berangkat   dari Makassar tujuan Ambon.

“Pesawat King Air  dengan Nomor Registrasi PK CAQ  ini berpenumpang  tujuh orang dan  dipiloti Boby Ari Subagyo. Semuanya adalah pegawai kementrian perhubungan, dan selamat dari peristiwa ini,” kata Aldrian dalam keterangan pers kepada wartawan di Markas Lanud Pattimura Ambon.

Saat mendarat, kondisi bandara basah karena diguyur hujan deras. Menurut Aldrian,  pesawat kalibrasi ini adalah  salah satu  pesawat milik Kemenhun yang tugasnya  untuk mengawasi peralatan di Bandara Pattimura Ambon. Setelah Ambon menurut Aldri,  pesawat ini akan ke Biak Papua Barat.

Petugas Lanud, Basarnas dan   petugas Angkasa Pura I   Bandara Pattimura  kemudian menarik ba­dan pesawat ini ke landasan vip milik Pemprov Maluku. Evakuasi badan pesawat ini dipimpin langsung Komandan Lanud Pattimura Ambon.  Petugas kemudian  menutup  sebagian badan pesawat  ini. Di Bandara juga terdapat petinggi PT. Angkasa Pura I Ambon, Kepala Basarnas Ambon dan juga Kapolres Pulau Ambon dan Pulau – Pulau Lease AKBP Sucahyo Hadi.

Akibat insiden ini bandara ditutup  selama tiga jam dari penerbangan. Pesawat hanya mengalami kerusakan kecil di bagian baling-baling dan roda. “Bandara sempat ditutup selama tiga jam dan saat ini sudah normal lagi,” tegas  Aldri.  (AAN)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top