Ramadan Bulan Kalesang Diri – Rakyat Maluku
AMBONESIA

Ramadan Bulan Kalesang Diri

KETUA Pantia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Maluku, Dr. Abidin Wakano, memaknai Bulan Suci Ramdan 1438 Hijriah sebagai bulan berbenah diri atau bulan ‘kalesang diri’. “Saya kira Ramadan kali ini bulan refleksi atau dengan tema besar kita itu bulan kalesang diri. Terutama bangsa ini sedang dilanda model polarisasi melalui medsos, yang berbentuk hoax dan momentum Ramadan ini momentum berbenah diri atau momentum kalesang diri.” Demikian disampaikan Abidin, ya­ng juga Ketua LPM IAIN Ambon, kepada wartawan di Kantor Gubernur, Selasa, 30 Mei.

Kata dia, bulan kalesang diri ini bertujuan untuk kembali merajut persaudaraan hidup orang basudara di Maluku. Dan bagi para pemuda, ia meminta, agar bulan ramadan diisi dengan kegiatan-kegiatan yang positif. Sekaligus para pemuda harus dapat menggiatkan diri dengan kegiatan seperti, diskusi, kajian, hingga membudayakan baca dan tulis Al-Qur’an, sekaligus menghapalnya.

Sementara pada pelaksanaan Ramadan Tahun ini, kata dia, PHBI Maluku bekerja sama dengan beberapa komponen masyarakat dan Pemerintah Provinsi Maluku, serta Pemerintah Kota Ambon, untuk melaksanakan Safari Ramadan di berbagai tempat.

“Biasanya Safari Radaman diadakan di kediaman Gubernur, Kapolda dan Pangdam, maka kali ini tidak lagi seperti itu. Tahun ini, kita laksanakan bersentuhan langsung dengan masyarakat di beberapa titik-titik seperti di Masjid Raya Batumerah, Masjid Raya Al-Fatah, dan masjid-masjid lainnya.

Dan, juga di beberapa kabupaten, seperti di Maluku Tengah, Desa Hitu dan Desa Kailolo, serta SBT. Selain itu akan ada festival beduk untuk menjelang Idul Fitri.” Kata dia, jika tidak ada halangan, maka, di sepanjang jalan AY Patty, akan ada beduk-beduk. Sehingga malam itu, AY Patty menjadi malam takbiran. Dengan demikian tercipta suasana yang lebih nyaman, aman dan tentram. (YAS)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top