Tahun Ini, Student Center IAIN Ambon Dibangun – Rakyat Maluku
AMBONESIA

Tahun Ini, Student Center IAIN Ambon Dibangun

Rakyatmaluku.com – GUNA meningkatkan kapasitas pelayanan kepada masyarakat, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon terus melakukan pembenahan baik sarana maupun prasarana. Untuk tahun ini saja, IAIN Ambon berencana membangun tiga gedung super jumbo.

Tiga gedung yang akan dibangun pada tahun 2017 ini, tersebut, Auditorium, Gedung Student Center dan gedung Kuliah dengan kapasitas 22 kelas. Hal ini disampaikan Rektor IAIN Ambon, DR H Hasbolla Toisutta M.Ag, kepada wartawan kemarin.

Menurut Rektor, ketiga gedung tersebut sudah mulai diproses untuk dibangun. Lahannya sudah siap, dan bahkan telah selesai dilakukan tendernya. “Saat ini sudah masuk tahapan tender fisik. Tahun ini, oleh Pemerintah Pusat, IAIN Ambon dipercayakan untuk membangun tiga geduang itu. Nilai total dari pembangunan tiga gedung sekitar Rp4,5 Miliar. Saya bersyukur, berdirinya tiga gedung tersebut membuktikan capaian-capaian bagi Maluku dan IAIN Ambon khususnya,” kesan Hasbollah.

Dijelaskan Hasbollah, tiga gedung istimewa bagi IAIN Ambon ini, dibangun dengan sumber anggaran dari Dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Tahun 2017. Bahkan, di tahun 2018 mendatang, pada sumber alokasi yang sama, akan dibangun pula gedung training center, yang ditargetkan dengan total lima lantai. Gedung tersebut, kata dia, akan menjadi pusat untuk konsentrasi seluruh kegiatan mahasiswa. Sehingga itu, harus ada dukungan dari semua pihak di IAIN Ambon, sehingga program yang sementara berjalan ini dapat terselesaikan sesuai visi-misinya. “Untuk Tahun 2017 ini merupakan tahapan awal. Dan, tahapan kedua di Tahun 2018 mendatang, IAIN Ambon juga mendapatkan bantuan pembangunan satu unit gedung yaitu Training Center. Ini juga sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat.”

Untuk kemajuan IAIN Ambon, kata Rektor, pihaknya juga memprogramkan perluasan lahan atau lokasi IAIN Ambon, selain tidak hanya di Kecamatan Sirimau, Kota Ambon. Tapi, perluasan juga dilakukan ke luar daerah tersebut, termasuk di kawasan Liang, Kabupaten Maluku Tengah, dan kawasan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah.

Untuk jejaring perluasan lahan baru bagi IAIN Ambon ini, kata dia, dibantu langsung oleh Islamic Develoment Bank (IDB). “Kalau lahan-lahannya sudah ada, maka kita berproses mengusulkan bantuan IDB, untuk kembali menambah proses pembangunan IAIN. Sebab, rencana jangka panjangnya adalah IAIN Ambon segera bertransformasi menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Ambon.”

Fokus tahun 2017-2018 selain pembangunan, juga diarahkan untuk penataan estetika kampus, mulai dari dinding penahan tanah, saluran air dan penerangan. “Ini menjadi konsen kita di tahun ini, dan tahun 2018 mendatang.” Dalam realisasi pembangunan proyek-proyek tersebut, lanjut dia, IAIN Ambon menggandeng Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) dari Kejaksaan Tinggi Maluku. “Nantinya, TP4D Kejaksaan yang akan mengawasi dan mengkont­rol proses pelaksanaan proyek-proyek di IAIN Ambon,” pu­ngkas Hasbollah. (CIK)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top