Kasus Gratifikasi, AKP Yohanes Titus Dijebloskan Ke Rutan Ambon – Rakyat Maluku
HUK-RIM

Kasus Gratifikasi, AKP Yohanes Titus Dijebloskan Ke Rutan Ambon

Rakyatmaluku.comJAKSA Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tenggara Barat (MTB) menjebloskan mantan Kasat Reskrim Polres MTB AKP Yohanes Titus, tersangka kasus gratifikasi, ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Ambon di Weiheru, Kamis, 18 Mei 2017, kemarin.Menurut Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari MTB, Denny Syahputra, penahanan terhadap tersangka AKP Yohanes Titus yang kini bertugas di SPN Polda Maluku ini dilakukan demi kepentingan penuntutan, agar yang bersangkutan tidak melarikan diri, tidak menghilangkan barang bukti dan tidak mengulangi perbuatannya yang sama.

“Setelah dilakukan penyerahan tersangka AKP Yohanes Titus beserta barang buktinya oleh Penyidik Polda Maluku ke JPU Kejari MTB (Tahap II) yang berlangsung di Kejati Maluku Kamis kemarin, yang bersangkutan (Titus, red) langsung ditahan di Rutan Ambon,” ucap Denny, kepada wartawan, di ruang pers Kejati Maluku, Jumat, 19 Mei 2017.

Dijelaskan, saat menjabat Kasat Reskrim Polres MTB pada tahun 2016 lalu, tersangka AKP Yohanes Titus ini menerima gratifikasi atau hadiah berupa satu unit handphone merek I Phone 6 dari saksi JT yang diketahui wirausahawan.

Saksi JT ini, lanjut Denny, diketahui memiliki banyak masalah di Kabupaten MTB. Sehingga gratifikasi atau pemberian hadiah I Phone 6 tersebut diduga berkaitan dengan pengamanan beberapa kasus yang melibatkan JT.
“Jangan dilihat dari besar kecilnya hadiah, namun dilihat dari manfaatnya. Karena pemberian itu tentu bermaksud untuk mempengaruhi kewenangan atau memanfaatkan sesuatu keadaan tertentu,” jelas Denny.

Dalam kasus gratifikasi ini, tersangka AKP Yohanes Titus dijerat Pasal 12 huruf b Undang – Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (RIO)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top