Tim HEBAT Bersama Ke PDIP – Rakyat Maluku
BERITA UTAMA

Tim HEBAT Bersama Ke PDIP

Herman Adrian Koedoeboen - Abdullah Vanath

-Wattimury Mengambil Formulir Balon Wagub Maluku
-Murad Ismail, Tagop Soulisa, Bitto Temar Menyusul Ke PDIP

PARTAI Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi partai politik pertama di Pilkada Maluku yang membukan penjaringan bakal calon kepala daerah-wakil kepala daerah provinsi Maluku.

Herman Adrian Koedoeboen dan Abdullah Vanath resmi mendatangi sekretariat banteng moncong putih lewat tim suksesnya yang diberikan kuasa khusus untuk mengambil formulir pendaftaran bakal calon gubenur-wakil gubenur Maluku periode 2018-2022.

Saat dikonfirmasi, penerima surat kuasa khusus dari Herman Koedoboen, M. Nahwan Matdoan mengaku, kedatangan tim dengan slogannya MALUKU HEBAT dalam waktu bersamaan, sekaligus memberikan sinyal ke publik bahwa kedua figur tersebut telah selesai dalam paket pasangan calon.

“Kedatangan kami dari tim Pak Herman selaku bakal calon gubernur dan tim pak Vanath sebagai bakal calon wakil gubernur dalam waktu bersamaan di PDIP, sekaligus memberikan sinyal ke publik bahwa kedua figur tersebut telah selesai dalam paket pasangan calon,” kata Nahwan, Rabu 17 Mei 2017.

Dia mengaku, meskipun di PDIP secara mekanisme partai tidak mengenal pendaftaran paket pasangan calon (paslon), namun dengan kehadiran dengan waktu yang relatif sama merupakan bentuk dari komitmen bersama. Apalagi sebelum menuju pengambilan formulir pendafatan, semua yang terfermentasi baik dari pihak Herman maupun AV (Abdullah Vanath) melakukan doa bersama di Karpan.

“Mekanisme partai tidak mengenal pasangan calon mendaftar secara paket. Kami mengambil formulir secara terpisah, tapi kami datang dalam waktu yang relatif sama. Kami juga menjalankan doa bersama di Karpan,” utaranya.

Nahwan mengaku, rencana proses pengembalian formulir kedua bakal calon di PDIP pada 20-24 Mei sebelum Ramadhan. Mengenai wacana PDIP justeru ‘respect’ terhadap salah satu bakal calon, Nahwan secara tegas menekankan, fenomena saat ini sudah menggambarkan soal clearnya pasangan dengan akronim HEBAT. PDI-P tidak lepas dari issu paslon, dan partai ini seksi bagi kontestan di Maluku. Apalagi soal hirarki partai yang terstruktur dengan basis yang jelas.

“HEBAT sangat memprioritaskan PDIP. PDIP tidak lepas dari isu paslon, dan partai ini seksi bagi kontestan di Maluku. Apalagi soal hirarki partai yang terstruktur dengan basis yang jelas. Selain PDIP akan juga mendaftar di partai lain. Surat kuasa khusus,” tuturnya.

Secara terpisah, penerima mandat khusus dari Abdullah Vanath, Fajrin Rumalutur mengaku jika dirinya mengambil formulir pendaftaran di PDIP sebagai calon wakil gubenur Maluku.

”Daftar sebagai bakal calon wakil gubernur Maluku ,”akuinya. Fajrin mengaku, selain PDIP, HEBAT juga telah membangun komunikasi dengan PKB, Nasdem dan Hanura.

“Meskipun ketiga partai itu belum membuka pendaftaran, tetapi komunikasi politik pada level elit sudah dilakukan,” katanya.

Selain itu, Fajrin sangat optimis HEBAT direkomendasikan PDIP, apalagi jika partai wong cilik itu menjadikan referensi politik 2013 sebagai ukurannya. Partai juga pasti berhitung soal elektoral masing-masing kandidat.
“Kalau PDIP bercermin pada referensi politik, maka sudah tentu diberikan kepada HEBAT. Karena kedua figur memiliki elektoral politik yang signifikan,”tuturnya.

Fajrin menegaskan, jika basis pendukung DAMAI waktu Pilkada 2013 di Malteng, SBB dan SBT tidak bergerak. Simpul politik yang dalam rentan waktu tiga tahun tersebut masih terpelihara dengan baik dan siap digerakkan pada pilgub Maluku.

Fajrin juga menuturkan, pasangan HEBAT memiliki afiliasi cultural dalam percaturan politik sangat besar, dan skala kekuatan dalam hitungan demografi etnis harus diwaspadai petahana.

“Pasangan HEBAT memiliki afiliasi cultural dalam percaturan politik sangat besar, dan skala kekuatan dalam hitungan demografi etnis harus diwaspadai petahana,”kuncinya.

Sementara itu, pada hari yang sama, Rabu 17 Mei 2017, Sekretaris DPD PDIP Maluku, Lucky Wattimury juga mengambil formulir bakal calon wakil gubernur Maluku di partai besutan Megawati Soekarnoputri itu.
‘’Iya, selain tim pak Herman dan pak Vanath, tadi juga tim pak Lucky Wattimury mengambil formulir balon wakil gubernur Maluku,” ujar Ira Nikijuluw, salah satu anggota tim penjaringan dan penyaringan di Sekretariat PDIP Maluku.

Dikatakan, ada beberapa bakal calon juga yang bakal mengambil formulir di PDIP Maluku. “Besok (hari ini), yakni Ruddy Timesela dikhabarkan bakal mengambil formulir,’’ tandas Nikijuluw, yang menambahkan, Kakor Brimob Polri Irjen Murad Ismail, mantan buoati MTB Bitsael Silvester Temar, Bupati Buru Selatan Tagop Soulissa dan Bupati Sorong Selatan Samsudin Aliludin juga diinformasikan akan mengambil formulir pendaftaran dalam waktu dekat. (ASI)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top