Pohon Tumbang, Rumah Tertimpa Longsor – Rakyat Maluku
BERITA UTAMA

Pohon Tumbang, Rumah Tertimpa Longsor

POHON TUMBANG. Warga berusaha memotong batang pohon yang tumbang di kawasan Tanjakan Dua Ribu, Air Kuning, Minggu 14 Mei 2017. Pohon tumbang akibat termakan longsor ketika hujan deras tersebut menimpa salah satu rumah warga sekitar.

Rakyatmaluku.com – HUJAN yang terus menerus mengguyur Kota Ambon,  dalam beberapa waktu terakhir ini, mengakibatkan pohon besar yang berada jalan tanjakan 2000, kawasan BTN Kanawa, Desa Batumerah Kecamatan Sirimau,  Kota Ambon, tumbang dan menimpa dua rumah milik warga RT 008/RW 18 BTN Kanawa, Minggu 14 Mei 2017 sekira pukul 12.20 WIT.

Robohnya pohon berjenis Kasuari itu men­yebabkan atap rumah milik Almarhum A. Tuasamu, mengalami kerusakan di bagian atap. Pohon yang tingginya diperkirakan kurang lebih 10 meter ini juga menutup akses jalan dari dan menuju kawasan kampus IAIN Ambon, hingga pukul 14.00 WIT.

Beruntung, peristiwa itu tidak menimbulkan korban jiwa ataupun luka. Namun, insiden tersebut menyebabkan kemacetan panjang kurang lebih 2 jam. Akses jalan kembali normal setelah warga setempat mengunakan mesin sensor, memotong pohon menjadi bagian-bagian kecil, kemudian diangkat.

Ketua RT 008 Sulaiman, mengatakan kalau pohon tumbang akibat hujan lebat yang melanda kawasan BTN Kanawa dan sekitarnya sejak pukul 12.00 WIT. Hujan ini menyebabkan pohon yang berada di samping saluran air, tumbang dan menimpa rumah warga.

“Sekitar pukul 12.20 WIT. Pohon tumbang kena rumah Almarhum Amir Tuasamu,” kata ketua RT, kepada wartawan di TKP, kemarin.

Dikatakannya, pembersihan jalan dari tumbangnya pohon, itu dilakukan warga setempat. Di mana mereka mengunakan mesin sensor, untuk memotong pohon yang menutupi jalan menuju dari dan Kampus IAIN.

“Kita sendiri yang membersihkannya. Kami mengunakan mesin sensor untuk memotong pohon,” jelasnya.
Waktu kejadian lanjut dia, tidak ada yang melin­tas, termasuk rumah tertimpa pohon, tak mengalami rusak berat.
“Jadi waktu pohon tumbang, itu tidak ada mobil atau kendaraan roda dua yang lewat. Tidak ada korban jiwa. Untuk rumah Almarhum, hanya atap yang rusak,” ujarnya.

Sementara di RT 005/RW 03, Kelurahan Lateri, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, rumah milik Paur Subbag Humas Polres Pulau Ambon dan Pp Lease Iptu Nikolas Anakotta, tertimpa material batu. ini setelah talud milik salah satu tetangganya longsor.

Material batu kemudian menghatam dinding bela­kang rumahnya, sehingga mengalami rusak parah. Akibat kejadian ini, rumah anggota Polri ini mengalami rusak parah, karena tak hanya dapurnya saja, tapi hampir semua dinding rumah, retak.

“Kejadian Minggu, 14 Mei 2017 pukul 03.30 WIT. Jadi ambruknya talud, langsung menghantam belakang rumah saya,” kata Anakotta, kepada wartawan di rumahnya, kemarin.

Di katakan, pemasangan talud, semestinya tidak dilakukan, karena tanah belum padat. Diatambahkan, akibat peristiwa ini, ia dan keluargannya harus mengungsi.

“Mestinya tidak bikin talud sebelum tanah padat. Ini tanah belum padat, sudah bikin talud. Kami sementara mengungsi, karena saya takut, sewaktu-waktu rumah bisa rubuh. Semuanya rusak total,” kata dia sambil menujukan dinding rumahnya yang retak. (AAN)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top