Kapal Ikan Terbakar Di Pelabuhan Hative Kecil – Rakyat Maluku
BERITA UTAMA

Kapal Ikan Terbakar Di Pelabuhan Hative Kecil

Ilustrasi

Rakyatmaluku.com – KAPAL Ikan Suinko, yang berlabuh di Pela­buhan PT Perikanan Nusantara (Perdi Hative Kecil), Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, terbakar,  Minggu,  14 Mei  pukul 01.00 WIT.

Kapal milik Pengki, wanita berdomisili di Surabaya, Jawa Timur, ini diamuk si jago merah setelah seorang tukang besi,  Aming, memotong pipa pendingin di dalam frezer penampung ikan.  Dari gosokan  gergaji ke pipa menimbulkan percikan api yang membakar gabus frezer. Meskipun tidak menimbulkan korban jiwa, tapi peristiwa ini mengakibatkan kerugian materil.

Informasi yang diperoleh Rakyat Maluku, menyebutkan, kejadian berawal saat  Aming memotong  pipa pendingin atas suruhan pengawas kapal, Junaidi. Namun, saat memutuskan pipa, muncul api pada gabus frezer. Api berasal dari percikan api pada alat pemotong besi. Melihat kumpulan asap, Aming memangil ABK kapal, dan mereka memadamkan api dengan cara menyiramnya.

Memastikan api telah padam,   Aming dan temannya Umang, salah satu tukang besi lainnya, kembali beristirahat di ruko di Batumerah, untuk beristirahat. Sayang, api yang disangkakkan sudah padam, ternyata masih menyala. Kondisi ini memaksa Dinas Pemadam Kebakaran Kota Ambon dan Sabhara Polda Maluiku Direktorat Polair, turun memadamkan api.

Api berhasil dipadamkan sekira pukul 03.00 WIT. Tapi informasi yang didapat Rakyat Maluku, Minggu  pagi 14 Mei 2017,  pukul 10.00 WIT, masih terdapat kepulan asap di Kapal Ikan Suinko.

Kapolsek Sirimau AKP Meity Jacobus menjelaskan bahwa kebakaran kapal Suinko, itu terjadi akibat pemotongan besi. Dari pemotongan besi, terjadi percikan api dan merembet ke gabus frezer ikan, sehingga terjadi kebakaran.
“Aming dan Umang di suruh pengawas kapal untuk memotong pipa besi di dalam penyimpanan ikan.

Nah, waktu Aming potong, munculah percikan api dan mengenai gabus sehingga terjadi kebakaran itu,” kata Kapolsek Meity Jacobus, kepada wartawan, kemarin.    Dijelaskan, api berhasil dipadamkan setelah petugas gabungan dari Damkar Kota Ambon, Sabhara dan Polair Polda Maluku, dibantu para ABK, bersama-sama memadamkan api.

“Diduga api berhasil dipadamkan sekitar pukul 03.00 WIT, karena  pukul 02.00 WIT, itu 6 Unit Damkar 1 Unit Mobil SAR Milik Dit Sabhara Polda Maluku tiba di lokasi untuk memadamkan kobaran api tersebut,” tutupnya. (AAN)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top