Hari Ini, Gubernur Launching Prangko Pattimura – Rakyat Maluku
AMBONESIA

Hari Ini, Gubernur Launching Prangko Pattimura

Rakyatmaluku.com – BERTEPATAN dengan perayaan Hari Pattimura, Senin 15 mei 2017, hari ini,    Gubernur Maluku Said Assagaff  akan meresmikan patung Pahlawan Nasio­nal asal Maluku Pattimura dan me-launching prangko Pattimura.

Prosesi peringatan Hari Pattimura ke-200 tahun sendiri akan  diawali dengan pembakaran obor Pattimura di Gunung Saniri sebagai tempat berunding Pattimura dan kawan – kawan sebelum menyerang Benteng Duurstede di Kota Saparua pada tahun 1817.

Obor dibakar dengan api yang berasal dari gesekan kayu oleh para pemangku adat, selanjutnya dilarikan secara estafet ke lokasi peringatan HUT Pattimura di lokasi Benteng Duurstede diselingi tarian adat.

Kepala Bagian Humas Pemprov Maluku, Bobby Palapia , dalam rilisnya kepada koran ini,   menjelaskan proses peringatan HUT Pattimura telah dikoordinasikan lintas pemerintah daerah, baik Kota Ambon, Pemkab Maluku Tengah dan Pemerintah Provinsi Maluku termasuk panitia peringatan, dari persiapan hingga puncak pelaksanaan.

“Masyarakat Maluku, lebih khusus Saparua, diminta menjaga situasi keamanan sehingga pelaksanaan peringatan 200 Tahun Pattimura berjalan lancar dan sukses, karena acara akbar ini selain di saksikan oleh masyarakat Maluku juga para wisatawan,” harap Palapia.

Dikatakan sejumlah agenda yang akan dan sudah dilaksanakan jelang HUT Pattimura ke-200 diantaranya, tanggai 14 Mei 2017 digelar upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kapahaha dan malam renungan suci berlangsung di Pattimura Park.

“Sementara untuk upacara puncak perayaan dipusatkan di lapangan Pattimura di Saparua dilatar belakangi Benteng Duurstede dan diorama Patung Pattimura,” jelas Palapia. (YAS)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top