Assagaff-Lewerissa Miliki Peluang Berpasangan – Rakyat Maluku
BERITA UTAMA

Assagaff-Lewerissa Miliki Peluang Berpasangan

Said Assagaff - Hendrik Lewerissa

Rakyatmaluku.com – MENYANDANG status petahana di Pilkada 2018, membuat konfigurasi politik diken­dalikan Said Assagaff (Gubernur Maluku).  Bukan hanya Partai Demokasi Indo­nesia Perjuangan (PDIP) saja yang mulai memberi sinyal  koalisi kepada sang ‘incumbent’, namun, jauh-jauh hari, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) juga telah memantapkan konsolidasi internal untuk mendorong formula koalisi Golkar-Gerindra dalam etalase pilakda 2018.

Said Assagaff – Hendrik Lewerissa menjadi nilai jual partai besutan Prabowo Subianto tersebut. Tentunya, Assagaff harus berpikir lebih jernih melihat ‘manuver’ tokoh partai politik yang tidak datang dengan tiket kosong. Gerindra atau PDIP. Dua partai yang memiliki pengaruh electoral yang cukup signifikan di Maluku.

Sekretaris Gerindra Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), F.Alimudin Kolatlena secara tegas mengatakan, partai berlambang kepala ‘burung garuda’ itu tetap konsisten mengusung Lewerissa di Pilkada Maluku. Apalagi Lewerissa sendiri berkeinginan kuat untuk berpasangan dengan Assagaff.

“Gerindra tetap konsisten dengan akan mengusung Ketua DPD Gerindra Maluku pak Hendrik di Pilkada Maluku. Pak Hendrik selaku Ketua DPD Gerindra Maluku, berkeinginan untuk berpasangan dengan Pak Assagaff,” kata Alimudin saat dikonfirmasi Rakyat Maluku, kemarin.

Apalagi, lanjut Kolatlena, Assagaff saat ini masih mencari formula yang tepat untuk memilih pasangan bakal calon wakil gubernur Maluku. Tentunya, segala kemungkinan masih bisa terjadi. Soal polarisasi politik yang dikhawaritkan menggangu keputusan Gerindra, Alimudin mengatakan, sejauh ini dalam pengamatan personal kaders maupun partai, Assagaff belum membangun deal atau final dengan salah satu figur yang juga sedang berkompetisi menjajali kemungkinan berada pada posisi bakal calon wakil gubernur Maluku bersanding dengan incumbent.

“Pak Assagaff pun sedang mencari formula yang tepat dan segala kemungkinan masih bisa terjadi, belum ada yang final. Makanya Gerindra terus konsen untuk mensosialisasikan Pak Hendrik Lewerissa.” ucapnya.

Ketua Fraksi Gerindra DPRD SBT itu menjelaskan, sejauh ini partai belum membangun kesepakatan apapun baik dengan petahana, Assagaff maupun figur lainnya terkait dengan konstelasi pilkada Maluku. Tentunya, tidak ada apapun secara politik yang mengikat keputusan partai, sehingga Gerindra masih konsisten dan konseren untuk terus mensosialisasikan Ketua DPD Gerindra Maluku, Hendrik Lewerissa.

“Sejauh ini belum ada kesepakatan apa-apa yang terbangun antara Gerindra dan petahana atau siapapun. Kami masih fokus untuk menyiapkan pak Hendrik bersanding dengan pak Assagaff sebagai sebuah komitmen politik Pilkada Maluku,” ucapnya.

Ditanya soal jika dinamika politik Pilkada Maluku tidak sesuai dengan ekspektasi Gerindra, lantas bagimana sikap partai tersebut, pria yang akrab disapa Ali itu mengatakan, tentunya keputusan partai akan diambil melalui rapat koordinasi dengan mempertimbangkan kepentingan mayoritas masyarakat.  Tetapi, lebih jauh, dirinya mengakui tidak memiliki otoritas apapun untuk memberikan tanggapan mendahuli keputusan partai nantinya.

“Kalau itu nanti akan diputuskan secara bersama dalam Rakor, tentu dengan memperhatikan ke­hendak mayoritas rakyat Maluku. Saya belum bisa beri pernyataan mendahului,” ucapnya. (ASI)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top