Bumil Harus Mulai Belajar Soal Laktasi Sejak Dini – Rakyat Maluku
KESEHATAN

Bumil Harus Mulai Belajar Soal Laktasi Sejak Dini

TAHAPAN lanjutan setelah kehamilan adalah menyusui. Ibu menjadi ujung tombak tumbuh kembang anak dalam 1.000 hari pertama atau Golden Age bagi anak.

Pada masa emas ini, sejak dari usia nol di dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun, bumil wajib mengetahui pendidikan seputar pemberian Air Susu Ibu (ASI) atau laktasi sejak dini.

Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan dr Aditya Kusuma, Sp.OG RSIA Bunda Menteng menjelaskan, kekurangan kalori maupun zat gizi mikro dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya meningkatkan risiko kelahiran prematur pada bumil dengan kenaikan berat badan yang tidak sesuai dengan masa kehamilan.

“Kenali beberapa risiko dan tanda bahaya selama masa kehamilan maupun menyusui agar para bumil bisa lebih peka, berhati-hati, dan mampu menghindarinya melalui asupan nutrisi yang seimbang,” jelasnya dalam keterangan tertulis Lactamil kepada JawaPos.com, Sabtu (6/5).

Dalam sesi Lactamil Mama Class, para bumil juga diajarkan untuk dapat memberikan ASI secara eksklusif dan lancar melalui demo pijat laktasi. Konselor laktasi, dr. Yolanda Safitri, memberikan arahan bagaimana mempersiapkan bumil untuk tahap menyusui.

Selanjutnya diia juga mempraktikkan langkah-langkah tepat dalam memijat bagian payudara. Tujuannya sebagai edukasi bagi bumil agar melancarkan produksi ASI setelah melahirkan. “Langkah-langkah ini kelak bisa diterapkan di rumah, selain itu bumil juga dapat membagi informasi ini kepada teman-teman bumil lainnya,” jelasnya.

Bumil membutuhkan sarana untuk berdiskusi dengan para ahli , sehingga diharapkan Lactamil Mama Class dapat menjadi wadah untuk bertemu para ahli  serta berkonsultasi mengenai layanan kesehatan selama hamil dan menyusui serta dapat juga berkonsultasi metode melahirkan yang tepat.

Lactamil Mama Class akan hadir melalui kelas-kelas lainnya yang tersebar di rumah sakit lain. Lactamil juga menyediakan kesempatan untuk bisa berdiskusi secara rutin via Expert Chat di Facebook Lactamil dengan tim ahli Lactamil seputar kehamilan, nutrisi, psikologi, sekaligus gaya hidup. (cr1/JPG)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top