UN Di MTsN Al-Fatah Hari Kedua Tak Ada Kendala – Rakyat Maluku
EDUKASI

UN Di MTsN Al-Fatah Hari Kedua Tak Ada Kendala

M.Yamin Ipa

Rakyatmaluku.com – PELAKSANAAN Ujian Nasional (UN)  hari kedua di MTs Al-Fatah Ambon berjalan dengan aman dan lancar. 64  siswa   terlibat  dalam UN itu tanpa  kurang seorangpun.

Kepala MTs AL-Fatah Ambon, Muhammad Yamin Ipa  kepada koran ini  menyampaikan,  sesuai  Prosedur Operasional Standar (POS)  pelaksanaan UN berlangsung   mulai  tanggal 2-4 Mei secara  berturut-turut  dan dilanjutkan pada tanggal 8 Mei mendatang dengan mengujikan Mapel  IPA.

Dikatakan, mekanisme UN tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana   terjadi  perubahan waktu pelaksanaan UN  dari 7.30 WIT  menjadi 10.30 WIT. Hal ini didasari  pertimbangan Mendiknas   bahwa jika UN  di wilayah Indonesia Timur dilaksanakan pada pukul 07.00 WIT maka, di  bagian barat belum melaksanakannya. Faktor kedua adalah   diterapkannya sistem UNBK yang juga berlangsung secara serempak.

Menurut M. Yamin Ipa,   pihak sekolah telah berusaha semaksimal mungkin mempersiapkan siswa jauh hari sebelum masuk pada pelaksanaan puncak dari ujian ini. Tentunya bekal itu diharapkan  menjadi pegangan bagi peserta untuk dapat menjawab dan menyelesaikan soal-soal UN dengan baik dan mencapai hasil UN yang baik pula.

”Sebagai pimpinan saya sudah membuat plening  terbaik  guna mempersiapkan siswa dalam menghadapi UN.  Semua terpulang kepada siswa sejauh mana  mereka mampu dan menyerap  bekal-bekal itu,”ujar  M. Yamin Rabu 3 Mei.

Kata Dia, UN memang   dalam aturan tidak menjadi persyaratan  untuk menentukan kelulusan tetapi sebagai alat ukut dan melihat kualitas pada satuan pendidikan. Disamping itu nilai UN   dipakai  oleh sekolah-sekolah dalam penerimaan siswa baru sebagai persyaratan.”Nah ini yang menjadi bagian penting untuk dipahami. Jika siswa ingin menuju ke  salah satu sekolah tapi nilainya tidak  sesuai tentu akan menghambat harapan siswa itu sendiri. Jadi disetiap kesempatan kami sampaikan,  belajar  bukan saja untuk lulus tetapi bagaimana mencapai nilai terbaik,”tutur, M. Yamin.

Terkait adanya dorongan terhadap kualitas lulusan MTs AL-Fatah Ambon yang nantinya ikut dalam  jenjang pendidikan berikut, kata M. Yamin Ipa, pihaknya  juga kerap memberikan motivasi itu.

Dimana  belajar  tidak saja untuk mencapai  kelulusan melainkan belajar untuk mempersiapkan diri agar kedepan mampu bersaing dengan siswa-siswi lainnya.”Ingat proses pendidikan masih berlanjut. Loong Live  Education, belajar sepanjang hajat.  Ini yang terus kami sampaikan kepada  peserta didik,”ungkap M. Yamin Ipa.

Menurutnya, dorongan proses belajar ini tentu  sesuai dengan standar yang ditetapkan badan  pendidikan internasional  artinya, proses belajar itu untuk bisa berbuat sesuatu,  mengetahui dan mampu mengembangkan diri, serta bermanfaat  untuk kehidupan bersama. Learning To Do, Learning To Be, and Learning  Live Together.”Persaingan pada dunia pendidikan sudah sangat kompetetif, kita harus mampu mengasa diri  agar  menjadi kompetitor dalam persaingan itu,”demikian  M.Yamin Ipa. (CIK)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top