Siahay Ganti Toisuta, ‘Nasib’ Ely Tak Pasti – Rakyat Maluku
BERITA UTAMA

Siahay Ganti Toisuta, ‘Nasib’ Ely Tak Pasti

Ketua DPRD Kota Ambon James Maatita, mengambil sumpah dan janji Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Kota Ambon Margaretha Siahay, dalam Rapat Paripurna Istimewa yang digelar di Ruang Sidang Utama DPRD Kota Ambon, Rabu 3 Mei 2017. Foto: Mohas Amir/Rakyat Maluku

Rakyatmaluku.com – MARGARETH Siahay, resmi dilantik sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon, Pengganti Antar Waktu (PAW) menggantikan almarhum H. Husein Toisuta. Margareth Siahay dilantik dan diangkat sumpah dalam rapat paripurna istimewa DPRD Kota Ambon yang digelar, Selasa 3 Mey 2017, sekira pukul 10.00 Wit.

Namun, posisi Siahay untuk menempati sejumlah alat kelengkapan dewan, harus melalui keputusan fraksi Golkar.  Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono, mengatakan, setelah ditetapkan sebagai anggota DPRD Kota Ambon fraksi Golkar, Margareth Siahay berhak menduduki alat kelengkapan dewan. Salah satunya di komisi-komisi.

Namun untuk menduduki salah satu komisi, lanjut politisi Gerindra ini diputuskan melalui fraksi Golkar. Setelah diputuskan dalam rapat fraksi Golkar, kemudian di usulkan ke pimpinan untuk ditetapkan.

‘Yang jelas beliau berhak menduduki salah satu komisi. Itu keputusannya di fraksi Golkar,” kata Latupono.

Untuk alat kelengkapan dewan yang lain selain komisi, nanti dilihat lagi. Sebab hampir semua alat kelengkapan sudah di bagi habis.

“Itu nanti kita lihat bersama,” ujar Latupono. Terkait fasilitas yang harus didapat oleh Margareth Siahay baik kendaraan dan lainnya, kata Latupono, itu kewenangan Sekretariat Dewan.

“Tetapi yang jelasnya, Ibu Margareth Siahay berhak mendapat apa yang haknya di dewan,” tegas Latupono.

TAK PASTI
Sementara itu posisi Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, yang ditinggalkan almarhum H.Husein Toisuta makin tak pasti.  Kendati penggantinya Margareth Siahay telah dilantik, namun posisi wakil ketua yang harusnya beraamaan dengan pelantikan PAW batal dilakukan.

Dua kader Partai Golkar di DPRD Kota Ambon, Max Pattiapon dan Ely Toisuta sama-sama ngotot untuk menempati kursi wakil ketua DPRD Kota Ambon.

Ely Toisuta awalnya telah di putuskan sebagai wakil ketua DPRD Kota Ambon, namun secara mendadak sebelum pelantikan PAW dilakukan, Majelis Kehormatan Partai Golkar mengirimkan surat kepada Badan Musyawarah DPRD Kota Ambon untuk menunda pelantikan Ely. Alhasil Ely yang telah mempersiapkan acara syukuran pelantikan harus bisa gigit jari.

Nasib Ely menggantikan posisi seniornya Alm. H. Husein Toisuta semakin tak pasti. Ely Toisuta dan Max Pattiapon kemarin dikabarkan telah berangkat ke Jakarta untuk menemui Majelis Kehormatan Partai Golkat untul mempertanyakan terkait siapakah yang akan menduduki kursi Wakil Ketua DPRD Kota Ambon menggantikan Alm. Husein Toisuta. (R1)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top