SBT, Malteng dan Kota Tual Optimis Rebut Juara Umum – Rakyat Maluku
DAERAH

SBT, Malteng dan Kota Tual Optimis Rebut Juara Umum

Suasana Perlombaan MTQ yang berlokasi di SMA Negeri Namrole

Rakyatmaluku.com – KONTINGEN Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) dan Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) optimis, bakal merebut juara umum pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Provinsi Maluku ke XXVII.

Sebelumnya juara umum ini dipegang Kontingen Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Provinsi Maluku ke XXVI, di Piru, dua tahun sebelumnya.
Ketiga kontingen tersebut ialah kontingen asal Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) dan Kota Tual.

“Kami optimis bisa meraih Juara Umum kali ini, sebab target kami seperti itu,” ujar Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Malteng Jar Wattiheluw, kepada Rakyat Maluku, Selasa, 2 Mei 2017, di Namrole.

Kendati optimis meraih juara, namun Jar tidak terlalu memaksakan para kafilah yang di pimpinnya untuk harus meraih juara sebagaimana ditargetkan tersebut.

“Ya kita doakan mudah-mudahan bisa Juara, tetapi kalau belum ya mungkin harus berlatih lagi. Tapi harapan kami memang bisa Juara,” tutur Wattiheluw.

Ketua LPTQ yang juga Asisten II Setda Kabupaten Malteng ini mengaku peserta yang di pimpinnya untuk mengikuti MTQ ke XXVII Tingkat Provinsi, berjumlah 35 orang peserta yang mengikuti tujuh mata lomba.

Dimana, untuk hari kedua perlombaan, Selasa, 2 Mei lalu, sejumlah peserta asal Malteng telah mengikuti beberapa mata lomba, yakni Fahmil Qur’an Putra, Fahmil Qur’an Putri, Tilawah Golongan Remaja, Khattil Qur’an golongan Hiasan Mushaf, Hifzhil Qur’an golongan 1 Juz dan Tilawah serta Hifzhil Qur’an golongan 10 juz.

Sementara, pada hari pertama perlombaan, Senin, 1 Mei kemarin, peserta asal Malteng telah mengikuti sejumlah mata lomba lainnya, yakni Sahril Quran, Tilawah Golongan Anak-Anak dan Tilawah Golongan Tartil Qur’an.

Wattiheluw menyebut, peserta yang dibawanya tersebut mengikuti hampir semua cabang mata lomba dan hanya dua cabang mata lomba saja yang tak diikuti kontingen Malteng, yakni Cabang Tafsir dan Cabang Tilawah Golongan Cacat Netra.

Di tempat terpisah, Ketua LPTQ Kabupaten SBT Sagaf Kelrey, kepada wartawan, Selasa, 2 Mei 2017 mengaku yakin kontingen yang di pimpinnya akan merebut predikat Juara Umum kali ini.
“Tentu semua kontingen punya kepentingan untuk meraih juara umum, termasuk kami pun yakin bisa mendapatkan juara umum kali ini,” ujar Sagaf, Meski demikian, Kelrey mengaku, tidak semua mata lomba yang diikuti oleh kontingen asal Kabupaten SBT, tetapi hal itu tidaklah menyurutkan optimisme kontingen Malteng untuk meraih juara.

“Memang kita juga realistis bahwa ada sejumlah mata lomba yang tidak kita ikuti. Tetapi belum tentu kontingen dari kabupaten/kota lain yang mengikuti juara akan meraih Juara Umum,” ucap Kelrey yang juga Kabag Kesra Kabupaten SBT.

Sebab, optimisme pihaknya tidaklah berlebihan, sebab pihaknya telah mempersiapkan para peserta asal Kabupaten dengan julukan Ita Wotu Nusa itu dengan sangat baik.

Dimana, untuk hari kedua perlombaan, peserta asal Kabupaten SBT telah mengikuti sejumlah mata lomba, diantaranya Hifzil Qur’an Golongan 10 Juz, Hifzil Qur’an Golongan 20 Juz, Khattil Qur’an Golongan Hiasan Mushaf, Hifzhil Qur’an Golongan 1 Juz dan Tilawah, seta Tilawah Golongan Kanak-Kanak.

Sedangkan sehari sebelumnya, peserta asal Kabupaten SBT juga sudah mengikuti sejumlah mata lomba, diantaranya Tilawah Golongan Remaja, Fahmil Qur’an Putra, Fahmil Qur’an Putri.
Dirinya mengaku, ada sejumlah mata lomba yang tak diikuti oleh peserta asal Kabupaten SBT, yakni Hifzhil Qur’an Golongan 30 Juz, Hifzhil Qur’an Golongan 20 Juz, Hifshil Qur’an Golongan 10 Juz dan Hifzhil Qur’an Golongan 5 Juz.

Berikut mata lomba yang diikuti SBT yaitu cabang Tilawah yang terdiri dari Tilawah Golongan Anak, Tilawah gaolongan Tartil Putra Putri, Tilawah Gaolongan Kanak-kanak Putra Putri, Tilawah Golongan Remaja dan Tilawah Golongan Dewasa.

Selanjutnya, Cabang Hifzhil Qur’an yang terdiri dari Hifzhil Qur’an Golongan 1 Juz dan Tilawah, Hifzhil Qur’an Golongan 10  Juz dan Hifzhil Qur’an Golongan 20 Juz.

Kemudian, Cabang Khattil Qur’an terdiri dari Khatil Qur’an Golongan Naskah, Khattil Qur’an Golongan Mushaf, Khattil Qur’an Golongan Dekorasi dan Khattil Qur’an Golongan Temporer.
Selain itu, dua cabang lain yang diikuti ialah cabang Group Fahmil Qur’an dan Cabang Group Syahril Qur’an.

“Sementara sejumlah cabang yang kami andalkan akan meraih juara ialah cabang Khattil Qur’an Golongan Hiasan Mushaf, Hifzhil Qur’an Golongan 1 Juz dan Tilawah, Fahmil Qur’an Putra, Sahril Qur’an,” kata Sagaf.

Terpisah, Senada dengan dua kontingent sebelumnya, Walikota Tual Adam Rahayaan, kepada Rakyat Maluku optimis bakal meraih juara umum.”Saya optimis sih optimis, kalau Kota Tual bisa meraih juara umum. Tapi kita harus realistis,” ujar Adam.

Sebab, kontingen Kota Tual dari jumlah peserta dan mata lomba yang diperlombakan, ada mata lomba yang tidak diikuti. Sedangkan penentuan juara umum adalah seluruh akumulasi nilai dari setiap mata lomba, baru kemudian ditentukan juara umumnya. (YUL)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top