Semarak Hardiknas Siswa MIN 2 Ambon Berikan Bunga Ke Guru – Rakyat Maluku
EDUKASI

Semarak Hardiknas Siswa MIN 2 Ambon Berikan Bunga Ke Guru

BUNGA: Siswa MIN 2 Ambon memberikan bunga kepada Kepala MIN 2 Ambon Dahlan Gazam dan Kepala UPTD, Kecamatan Baguala F. Siahaya sebagai tanda ungkapan syukur dalam momentum Hardiknas di MIN 2 Ambon, Selasa 2 Mei.

Rakyatmaluku.com – PERAYAAN Hari  Pendidikan Nasional (Hardiknas) ke 72 , Selasa 2 Mei , di Madrasah Ibtidaiyah Negeri  (MIN) 2 Ambon  berlangsung meriah. Dalam perayaan ini selain dilaksanakan upacara, juga  disisipkan agenda pemberian Bunga oleh siswa kepada   wali kelas dan guru-guru disekolah tersebut.

Pemberian Bunga ini sebagai ungkapan terimakasih  siswa kepada guru yang telah  berjasa  mendidik  siswa hingga menjadi generasi bangsa yang cerdas, berilmu dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Kepala MIN 2 Ambon, Dahlan Gazam, saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhajir Efendi, menyampaikan, tema Hardiknas  kali ini adalah Percepat pendidikan yang merata dan berkualitas. Tema tersebut terkait erat dengan penomena dunia yang berubah  sangat cepat  dan menuntut kualitas semakin tinggi.

Dikatakan, peran Ki Hadjar Dewantara  pada awal perintisan pendidikan nasional memang  sangat besar. Baik berupa gagasan, pemikiran, maupun  terwang masa depan. Oleh sebab itulah,  gagasan dan pemikiran  beliau tetap relevan dan menjadi acuan bagi  pembangunan pendidikan nasional kita.
Dalam kepimpinan  pendidikan ,Ki Hadjar Dewantara  mengajukan konsep  memberikan teladan apabila ditenga memberi ilham (Inspirasi)  dan apabila dibelakang memberikan dorongan. Ketiga peran tersebut harus dilaksanakan  secara seksama baik bergantian maupun serempak dalam tampilan sosok pemimpin pendidikan yang utuh.

Gagasan  dan prinsip-prnsip pendidikan Ki Hadjar Dewantara  tersebut menjadi dasar acuan visi Presiden RI Joko Widodo dibidang pendidikan. Dalam visi Presiden, masa depan Indonesia adalah sangat ditentukan  oleh generasi peserta didik masa kini yang memiliki  karakter atau budi pekerti yang kuat serta menguasai berbagai bidang keterampilan hidup, vokasi  dan profesi abad 21.

Untuk tujuan itu,  saat ini tengah diupayakan penyelarasan,penyatuan,  dan pembaruan dibidang  kebudayaan dan pendidikan.Begitu juga dalam pemanfaatan sumber sumber belajar  yang ada di kelas, dilingkungan sekolah dan yang ada diluar sekolah. Sehingga proses pembelajaran  tidak terkotak-kotak, tersekat-sekat, tertutup melainkan terbuka dan leluasa.

Reformasi pendidikan nasional merupakan  jangka panjang sehingga perlu dilaksanakan secara sistematis,prosedural dan bertahap  disamping perlu dukungan dan partisipasi konstruktif  semua jajaran pelaksana pendidikan, pemangku kepentingan pendidikan bahkan warga  bangsa Indonesia.

Untuk itu diharapkan,  dalam reformasi pendidikan nasional ini, kerja keras  kontruktif dan pengorbanan serta pengabdian tulus seluruh insan  pendidikan di seluruh Indonesia  sangat diharapkan.

Dikesempatan itu, Dahlan berharap, semua  pihak terkhusus di MIN 2Ambon punya tanggungjawab yang sama dalam mengemban amanat itu. Semua harus bersinergi dalam membangun  generasi yang beriman, berilmu dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Pantauan koran ini, saat upacara Hardiknas  kemarin, sebagai bentuk ungkapan syukur dan terimakasih  atas jasa-jasa  pahlawan tanpa tanda jasa ini, siswa  MIN 2 Ambon menyerahkan bunga.  Mengawalinya siswa memberikan bunga kepada Kepala Madrasah MIN 2 Ambon, Dahlan Gazam,  dan Kepala UPTD  Kecamatan Baguala F. Siahaya, selanjutnya disusul dengan pemberian bunga kepada  para wali kelas dan seluruh guru-guru. (CIK)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top