Ini Manfaat Makan Biji-Bijian – Rakyat Maluku
KESEHATAN

Ini Manfaat Makan Biji-Bijian

BELAKANGAN, dalam sajian makanan dan minuman sehat, ada toping seperti biji-bijian yang ditaburkan begitu saja. Seperti sunflower seed (biji bunga matahari atau isi kuaci), golden flaxseed (biji bunga flax), quinoa, brown flaxseed (biji bunga flax yang berwarna coklat), dan banyak lainnya.

Rasanya memang tidak mempengaruhi makanan dan minuman yang utama, tapi yang berpengaruh jelas pada manfaatnya. Ahli Gizi Andriyanto mengatakan, segala macam biji-bijian bagus dikonsumsi oleh perempuan.

Karena bisa meningkatkan kualitas indung telur. Artinya baik untuk kesuburan. Untuk ibu hamil, juga bisa membantu menstabilkan kondisi plasenta. ’’Cara makannya yang dicampur ke dalam makanan dan minuman lain bisa jadi alternatif,’’ paparnya. Menurutnya cara memakan biji-bijian memang semakin bervariasi.

Bergantung selera orang yang memakannya. Andri mencontohkan kombinasi yang sempurna misalnya saat mencampurkan quinoa ke dalam salad, kandungan antara vitamin, mineral, magnesium pun komplit didapatkan tubuh.

Andri mengatakan jangan takut untuk mencampurkan salad dengan keju. Dalam satu slice keju hanya terdapat sekitar 40 kkal (kilo kalori). Sedangkan satu porsi salad yang dicampur biji-bijian dan keju mempunyai takaran sekitar 150 kkal saja. Padahal, makan dengan porsi seperti biasa mengandung 400-500 kkal.

Mencampur salad sayur atau buah dengan biji-bijian juga menambah rasa kenyang. Jadi bagus untuk mereka yang sedang berdiet. Karena kandungan kalori yang hinggap dalam tubuh minim, kebutuhan vitamin tercapai, dan rasa lapar tidak cepat datang.

Selain bagus untuk kesuburan perempuan, lanjut Andri, dan perempuan yang sedang hamil, biji-bijian juga mengandung anti-aging yang bisa membuat awet muda. Oleh karena itu, mengkonsumsi biji-bijian disarankan khususnya bagi perempuan. (ina/tia)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top