IAIN Ambon Gelar Upacara Hardiknas – Rakyat Maluku
AMBONESIA

IAIN Ambon Gelar Upacara Hardiknas

Rakyatmaluku.com – CIVITAS Akademika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon menggelar upacara peringatan  Hari Pendidikan Nasional, yang dipusatkan di halaman parkir, Gedung Rektorat IAIN Ambon, Selasa, 2 Mei 2017.

Dalam upacara ini, juga diserahkan karya satya lencana kepada para aparatur sipil negara (ASN) lingkup IAIN Ambon, yang masa pengabdiannya mencapai sepuluh tahun, yang diserahkan oleh Wakil Rektor I Dr. H. Mohdar Yanlua, MH, mewakili Presiden RI, Joko Widodo.

Wakil Rektor I DR. H. Mohdar Yanlua, MH, dalam sambutannya meminta kepada para pegawai di lingkup IAIN Ambon, agar meningkatkan intensitas kerja untuk membenahi semua sistem akademik.

Terkhusus lagi, agar persoalan pangkalan data yang memuat dokumen mahasiswa dan alumni, agar dapat segera dituntaskan sebelum akhir tahun ini. Hal ini penting, karena berkaitan dengan regulasi perubahan dan pembangunan sistem pendidikan saat ini. Bagi dia, volume kerja yang sedang berjalan saat ini, harus dinaikan kembali levelnya, sehingga semua target yang sudah direncakan dalam Rengstra IAIN Ambon dapat terlaksana.

Persoalan akademik, menurut Mohdar, tidak boleh dianggap sepele, tapi harus  harus dikerjakan secara serius, tentu dengan menggerakan seluruh instrumen yang ada di dalam masing-masing unit, mulai dari institut, fakultas hingga jurusan. Mewakili Rektor, Mohdar menyampaikan penghargaan tertinggi kepada para pimpinan mulai dari institut, fakultas hingga jurusan, yang sukses menciptakan sistem akademik sesuai dengan mekanisme yang ada. Ia berharap, para pimpinan tidak boleh diam saja di tempat, tapi harus berpikir inovatif, dengan menghadirkan program-program yang dapat memacu semangat belajar-mengajar baik para mahasiswa maupun dosen. Sehingga, kata dia, sistem akademik yang diharapkan benar-benar dapat terealisasi di tahun ini.

Selain menyinggung tentang hal tersebut di atas, Mohdar juga meminta kepada para pimpinan, maupun pegawai agar tetap memacu semangat kerja, dengan berlandaskan acuan borang akreditasi. Sehingga, ketika dihadapkan dengan persoalan akreditasi, masing-masing unit tidak perlu direpotkan ke depannya. Tentu, lanjut dia, semua harapan dari pekerjaan yang profesional, dapat menjadi modal guna mencapai tujuan bersama menjadikan IAIN Ambon sebagai Universitas Islam Negeri (UIN) Ambon.

Karena, menjadikan IAIN Ambon sebagai universitas, tidak hanya menjadi kebutuhan internal civitas saja, tapi hal ini yang diharapkan oleh seluruh masyarakat dan umat di Maluku. Untuk momentum Hari Pendidikan Nasional kemarin, sebagai perguruan tinggi yang berfokus dalam pembangunan sumber daya manusia, ia berharap agar semua pola kerja di lingkup IAIN Ambon, tetap diarahkan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkompeten di bidangnya masing-masing. Untuk itu, kiranya pada Upacara Hardiknas kemarin, jangan hanya dimaknai sebagai agenda serimonial tahunan belaka, tapi untuk mengevaluasi seluruh kerja-kerja mereka sebagai abdi negara.

“Apapun yang kita lakukan untuk mencapai suatu tujuan yang baik, pasti akan bernilai di mata Tuhan, Allah Swt. Sebab itu, saya berharap kita semua dapat menjalankan tugas kita sebagai abdi negara dengan benar, dan tanpa mengharapkan imbalan lebih dulu, tapi karena ikhlas untuk mendapatkan ridha Allah Swt, Amin,” kunci Mohdar. (WHL)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top