ZLD-STD Polda Maluku Gelar Reuni Akbar – Rakyat Maluku
AMBONESIA

ZLD-STD Polda Maluku Gelar Reuni Akbar

SAMBUTAN. Kapolda Maluku Irjen Pol Deden Juhara, yang diwakili Kepala Bidang Keuangan Polda Maluku, AKBP Takwil Ichsan, memberikan sambutan pada acara reuni akbar alumni ZLD/ STD Polda Maluku, yang berlangsung di Aula Hotel Tirta Kencana, di Desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Sabtu, 29 April 2017.

Ketua Angkatan : Kami Memang Tidak Sedarah Tapi Lebih Dari Saudara

Rakyatmaluku.com – ALUMNI Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) Polri Gelombang II Tahun 2005 atau dikenal dengan nama Zero Lima Dua (ZLD)/ Sekolah Polisi Wanita (Sepolwan) Tiga Dua (STD) Polda Maluku menggelar reuni akbar, yang berlangsung di Aula Hotel Tirta Kencana, di Desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Sabtu, 29 April 2017.

Setelah 11 tahun lamanya terpisah karena penempatan tugas di berbagai daerah di Indonesia, acara temu kangen perdana sekaligus mempererat silaturahmi yang diusung angkatan ’27 ini akhirnya dapat berjalan lancar penuh haru, dengan tema “Terus Berkarya Satukan Hati Untuk Mengabdi Menjadi Insan Polri Yang Profesional, Modern Dan Terpercaya”.

Kapolda Maluku Irjen Pol Deden Juhara, yang diwakili Kepala Bidang Keuangan Polda Maluku, AKBP Takwil Ichsan, dalam sambutannya bercerita tentang masa kecilnya yang tumbuh dewasa dengan bekerja keras sambil bersekolah hingga menjadi seorang polisi.

“Jika ingin mewujudkan cita-cita atau masa depan, maka kita harus bekerja, bukan menunggu suatu keajaiban datang. Sebab, masa depan itu kalau bukan kita sendiri yang merubahnya, mau siapa lagi,” ucapnya.

Menurutnya, menjadi seorang anggota kepolisian merupakan anugerah yang diberikan oleh Tuhan. Selain diberikan tanggung jawab untuk mengabdi kepada bangsa dan negaranya, anggota polis juga dituntut harus mampu melayani serta melindungi masyarakat tanpa tebang pilih.

“Sesuai tema yang diusung ini, maka setiap anggota polisi harus bisa menjadi teladan untuk keluarganya sendiri dan menjadi teladan bagi masyarakat luas. Serta harus mampu menyatukan perbedaan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan mantan Kepala Sekolah Polisi Negara (KSPN) Passo, Kota Ambon, Purn. Pol. AKBP. Pdt. J. Imapuli. Menurutnya, polisi-polisi yang modern adalah polisi-pilisi yang berguna bagi bangsa dan negaranya.

“Ale (kamu) ditakdirkan Tuhan menjadi seorang pilisi agar ale dorang (kamu semua) bisa bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia. Biar ale pangkat berbintang-bintang tapi kalau tidak berguna bagi semua orang maka pangkat itu percuma,” tuturnya.

Dikatakannya, hidup dalam kebersamaan merupakan perbuatan yang paling mulia di mata Tuhan. Sebab, kebersamaan dalam perbedaan suku maupun agama akan mewujudkan kehidupan yang harmonis dan damai.

“Orang basudara itu ibarat sagu salempeng dibagi dua. Artinya susah senang semua sama-sama. Mau suku apapun dan agama apapun ketika menjalani kehidupan dengan penuh kebersamaan maka akan melahirkan kehidupan yang harmonis,” terangnya.

Usai acara, Ketua angkatan ’27 ZLD-STD Gelombang II Polri, Brigpol Edwin Mangare, kepada koran ini mengatakan, reuni akbar ini merupakan yang pertama kalinya digelar setelah kurang lebih 11 tahun berpisah usai mengikuti pendidikan sebagai anggota Polri. Tujuannya tak lain adalah mempererat silaturahmi.

Jumlah angkatan ’27 ZLD-STD Gelombang II Polda Maluku, kata Edwin, sebanyak 421 orang. Yang bertugas di Provinsi Maluku sebanyak 307 orang. Sedangkan 114 orang lainnya bertugas di Ternate Provinsi Maluku Utara.

“Melalui reuni akbar ini, kami ingin tunjukkan kekompakan kami bahwa kami memang tidak sedarah tapi lebih dari saudara,” pungkas anggota Direktorat Samapta Bhayangkara (Dit Sabhara) Polda Maluku itu.

Dikesempatan yang sama, Ketua Panitia Brigpol. Dapit, menceritakan, pelaksanaan reuni akbar ini untuk mengenang kembali rentang waktu 11 tahun yang lalu, yang tidak akan pernah terlupakan sepanjang hidup dan takkan terulang kembali.

Kekompakan kami ketika berada dalam satu lembaga pendidikan pembentukan jati diri Polri pada tahun 2005 lalu, kata Dapit, hingga saat ini masih terasa didalam jiwa. Rasa senang, sedih, haru dan pilu telah kami lalui bersama.

“Jujur, ketika bertemu teman-teman se-angkatan pada acara reuni akbar ini, rasa kerinduan selama 11 tahun lamanya akhirnya terobati. Hari ini (Sabtu, red) kami dapat kembali berkumpul dan bersenda gurau sambil bercerita pengalaman selama bertugas di daerah masing-masing,” curhatnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, KSPN Passo yang diwakili Kompol. Rudy Nualah, beserta para pembina, dan Kasab Brimob Polda Maluku yang diwakili Komandan Kompi (Danki) II Detasemen A Polda Maluku IPTU Rudy Muskitta. (RIO)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top