November, Assagaff Putuskan Calon Wagub – Rakyat Maluku
BERITA UTAMA

November, Assagaff Putuskan Calon Wagub

Banyak Yang Inginkan Gandeng Rentanubun

Rakyatmaluku.com – SIAPAKAH bakal calon wakil gubernur Maluku yang akan mendampingi sang petahana Gu­bernur Maluku Said Assagaff,  tampaknya baru bisa diketahui pada November 2017 mendatang. “Kan tinggal empat nama. Empat nama itu belum bisa saya sebut. November baru diumumkan salah satu dari empat nama itu sebagai calon wakil gubernur,” ujar Assagaff, Sabtu 29 April 2017.

Pada kesempatan  tersebut, Assagaff juga mulai membuka sedikit kriteria calon wakil gubernur yang akan dia pilih untuk berpasangan dengannya pada Pilgub Maluku 2018. “Yang paling utama adalah figur yang bisa bekerja dengan cepat dan mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK),” tandas Assagaff.

Disinggung soal Herman Koedoeboen dan Abdullah Vanath yang disebut bakal berpasangan, dan merupakan lawan beratnya, Assagaff menilai tidak menjadi masalah. Ketua DPD Partai Golkar Maluku itu justru mempersilahkan keduanya maju di Pilgub Maluku mendatang.

”Silahkan. Ya coba saja. Dulu (pilgub 2013), kan-saya masih wagub. Jadi, silahkan,” sindir Assagaff.
Sementara itu terpisah Anderias Rentanubun, sangat konsisten membangun gerakan politik dengan terus menggenjot ‘nilai’ jual ke publik Maluku.

Andre (sapaan akrab bupati Malra dua periode) itu, sangat paham, bahwa pilkada Maluku bukan hanya soal keterwakilan segementasi daerah asalnya saja, melainkan dukungan dan partisipasi masyarakat seantero Maluku kepadanya menjadi modal penting untuk berdampingan dengan Petahana, Said Assagaff di Pilkada Maluku 2018.

Bukan hanya baliho, spanduk dan alat pengenal Andre yang sudah tersebar luas sampai ke pelosok, tapi, simpul politik bupati Malra dua periode itu juga sudah dibentuk sampai ke desa-dusun di Maluku. Artinya, secara politik strategi ofensif untuk melebarkan ‘sayap’ dukungan publik, walapun sadar sungguh, dua periode di Malra, tentunya basis idiologis Andre sangat mengakar, dan sulit direbut figur lain yang notabene berasal dari daerah setempat.

Faizal Y Marasabessy, salah satu tokoh pemuda di Maluku menilai, gerakan politik Andre dengan memperkuat dukungan akar rumput semakin menuai simpati public. Pasalnya, sebagai kepala daerah dua periode, pastinya password politik untuk mengakses pilkada Maluku sudah bisa dimiliki, apalagi Andre memiliki relasi politik nasional.
Tetapi, hal mainstream seperti itu tidak dilakukan bupati dua periode tersebut, pasalnya, kata Faizal, pola konsolidasi merakyat membuktikan talenta kepemimpinannya sebagai kepala daerah di Malra yang populis dan dicintai masyarakat.

“Dinamika politik Maluku ikut membonceng kehadiran figure yang sangat fenomenal sekaligus mengartikulasikan bahwa demokrasi politik partisipatoris yang akan berlansung 2018 ini harus menghadirkan masyarakat sebagai bagian penting dalam membangun consensus demorkrasi menuju cita-cita kesejahteraan bersama. Artinya, dengan modal kepemimpinan dua periode, pak Andrea yang memiliki ekses dan relasi baik politik maupun dukungan finance masih mau membangun relasi social. Pak Andre membuktikan bahwa, sebagai pemimpin, harus hidup ditengah cinta masyarakat. Itulah yang menjadikan pak Andre sangat populis di Malra dan saat ini juga di Maluku,”  kata Marasabessy, kemarin.

Faizal yang juga Koordinator Indonesia Investigasi Korupsi (IKK) Maluku itu, menyatakan, kolaborasi pemimpin bersih sangat penting di Maluku. Bersih dalam membangun birokrasi dan pelayanan public, serta bersih dari raport merah pembangunan daerah. Dan itu, sangat tampak dalam kolaborasi kepemimpinan Assagaff-Rentanubun.
“Wajar saja jika dukungan publik terus mengalir kepada pak Andre.

Karena jejak rekam kepemimpinan yang selain populis, pak Andre juga membuktikan kemajuan Malra yang sangat refresentatif, akomodatif dan juga bersih. Inilah yang bagi saya, alasan rasional public respect terhadap kehadiran pak Andre di bursa pilgub Maluku. Yang mana, sebagaian besar public menginginkan adanya kolaborasi kedua pemimpin di Maluku ini,” ucapnya.

Faizal juga memberikan sedikit komprasi atas eksistensi politik Rentanubun dalam tahapan konsolidasi menuju Pilkada. Menurut, Faizal, Rentanubun begitu all out membangun kepercayaan publik dengan secara berkesinambungan membangun image positif bagi masyarakat dalam menata dan membangun Maluku kedepan dan itu yang menjadi pembeda dengan bakal calon kandidat lainnya.

“Jadi ada nilai plus buat pak Andre dalam membangun komunikasi dan relasi politik menuju gelanggan pilkada Maluku. Pak Andre lewat simpul politik yang digagas terus bergerak secara rutin dan sangat all out mengawal berbagai keputusan strategis menuju gelanggan pilkada Maluku, dengan konsisten dalam menjaga image yang positif untuk menata dan membangun Maluku kedepan. Ini yang bagi saya,  menjadi nilai pembeda,” ucapnya. (ASI)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top