Tagop: Maluku Butuh Pemimpin Muda – Rakyat Maluku
BERITA UTAMA

Tagop: Maluku Butuh Pemimpin Muda

Tagop Sudarsono Soulisa

Rakyatmaluku.com – KENDATI telah mempersiapkan diri sebagai bakal calon gubernur Maluku, namun Bupati Kabupaten Buru Selatan  (Bursel) Tagop Sudarsono Soulisa  hingga  kini belum memastikan siapa bakal calon (balon) wakil  gubernur (wagub) Maluku yang menjadi pasangannya.

Memilih  balon wagub tam­­­­paknya dilakukan Tagop de­ngan hati-hati, karena lawannya di Pilgub Maluku yakni incumbent gubernur Maluku Said Assagaff yang mempunyai tingkat elek­tabilitas tinggi.

Sejumlah nama disebut-sebut akang dipilih Tagop, namun yang santer ter­dengar belakangan ini yakni  Bupati Maluku Barat Daya (MBD) Barnabas Orno. Informasi  yang diperoleh koran ini menyebutkan kedua bupati ini telah bertemu dan menyepakati sejumlah poin penting untuk berpasangan.

Saat ditanyai perihal siapa balon wagub yang akan berpasangan dengan dirinya, Tagop mengaku dirinya menginginkan seorang figure yang mempunyai basis kuat untuk memenangkan Pilkada Gubernur Maluku tahun 2018 mendatang.

“Untuk calon wagub, tentu saya masih melihat hasil survei dan hasil survei itu harus memberikan kontribusi suara yang besar untuk proses politik tersebut,” ujar Tagop Soulisa,  Jumat 28 April 2017, di ruang pers MTQ,  yang berlokasi di kantor bupati Bursel.

Tagop mengaku bahwa hingga kini belum ada partai tertentu yang menawarkan kadernya untuk berpasangan dengan dirinya untuk berpasangan di Pilkada Gubernur Maluku.

“Belum ada, semua-kan merasa incumbent masih diatas-kan,” tandas Tagop.

Meski demikian, kata Tagop dirinya sementara membangun komunikasi dengan sejumlah partai, selain Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk memperkuat koalisi nantinya.

“Yang jelas sampai hari ini kita masih berproses di beberapa partai. Sebagai kader PDIP, kita juga berproses. Membangun koalisi dengan beberapa partai, termasuk Partai Demokrat, Hanura, NasDem dan PAN. Kita sudah coba membuka ruang komunikasi,” kata Tagop.

Mengenai syarat lain balon wagub yang akan berdampingan dengannya, Tagop  mengaku masih berkeinginan menggandeng salah satu putra terbaik di wilayah Maluku Tenggara yang memiliki dukungan basis yang kuat.

“Bisa Maluku Tenggara, karena saya mewakili wilayah Seram, Buru dan Ambon. Jadi, kalau Tenggara, saya kira itu konfigurasi yang sangat baik kalau ada satu orang dari wilayah Tenggara yang mau mendampingi,” ujar Tagop, yang menambahkan jika dirinya didampingi seorang figur muda yang mempunyai kemampuan membangun Maluku bersama dirinya, maka dipastikan kedepan akan membawa sebuah perubahan besar bagi Maluku. Sebab, Maluku membutuhkan figur muda yang semangat bukan yang loyo dalam memimpin Maluku kedepannya.

“Supaya kita bangun Maluku ini yang muda lebih baik karena lebih semangat. Sebab tantangan kedepan itu lebih berat, karena kalau dipimpin orang tua pasti lemah, loyo. Karena saya yakin, Maluku butuh pemimpin yang muda, bukan yang loyo,” tegas Tagop. (YUL)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top