Murad Ismail Ikut Bertarung Di Pilgub Maluku – Rakyat Maluku
BERITA UTAMA

Murad Ismail Ikut Bertarung Di Pilgub Maluku

Rakyatmaluku.com – KABAR mengejutkan jelang proses Pemilihan Gubernur  dan Wakil Maluku datang dari Jakarta. Kepala Korps Brimob Polri Irjen Murad Ismail yang semula ma­sih ragu apakah akan mengambil bagian di Pilgub Maluku tahun 2018 mendatang, mulai muncul.

Orang nomor satu di jajaran pasukan elit milik Mabes Polri ini dikabarkan mulai menyatakan kesiapannya mela­wan petahana gubernur Maluku Said Assagaff. Apalagi ada signal positif dari sejumlah partai politik di Jakarta yang merekomendasikan putra Waihaong ini jika positif maju  bertarung di Pilgub Maluku.

Tak tanggung-tanggung Murad Ismail kabarnya mulai bergerilya rekomendasi Parpol di Jakarta,  termasuk rekomendasi Partai Golkar yang notabenenya adalah partai ‘milik’ sang petahana Said Assagaff.

Memang bukan perkara gampang untuk mengoptimalkan mesin partai di Pilkada Maluku, apalagi sekelas Partai Golkar yang kaya sumber daya manusia. Jika salah kelola, bisa menjadi ‘petaka’. Patron klient di golkar, beberapa kali dalam pilkada, acap kali menimbulkan kontroversi dalam perdebatan publik, hal ini tentunya berkaitan dengan kepentingan politik individu dan kelompok tertentu dalam mengelola kekuasaan sebagai sumber daya utama.
Golkar memang menjadi buruan disetiap kali pagelaran pesta demokrasi masyarakat baik pada level nasional sampai ke aras lokal. Begitu pula di Pilgub Maluku men datang. Karenanya, dukungan golkar mulai dilobi di Jakarta.
Tentunya lobi dukungan partai sekelas golkar tersebut, tidak bisa menafikan instrument kekuasaan sebagai salah satu indikator untuk memperoleh dukungan institusional beringin.

Salah satu sumber resmi yang enggan namanya dikorankan mengaku Irjen. Pol Murad Ismail mulai mendekati elit dan eksekutor golkar di DPP terkait dengan rekomendasi partai beringin tersebut untuk Pilkada Maluku.

“Kami mendapatkan informasi bahwa, ada manuver yang dilakukan Pak Murad Ismail untuk mendekati para elit partai beringin di Jakarta. Saya tadi (kemarin) baru dihubungi dari Jakarta soal informasi ini, dan tentunya ini merupakan dinamika politik yang wajar dalam gelanggang politik dan kekuasaan,” kata informasi  tersebut, kemarin.
Menurutnya, jika informasi tersebut benar, maka jangan salah jika manuver tersebut bisa membuat petahana yang juga ketua DPD Golkar Maluku ‘ketar-ketir’.

Tidak bisa dipungkiri, bukan lagi menjadi sebuah kewajiban yang mainstream bagi partai secara konsisten memberikan dukungan kepada kader, hal ini bisa dilihat pada sejumlah peristiwa Pilkada, salah satunya di SBB. Artinya bahwa, setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses peluang rekomendasi partai termasuk golkar.

“Kalau memang informasi ini benar, maka Pak Said Assagaff harus maksimal untuk memastikan DPP satu suara dan satu kepentingan. Jika tidak, maka, dinamika rekomendasi akan alot, bisa juga diluar prediksi,” tuturnya.
Baginya, baik Said Assagaff atau siapapun yang memiliki rekomendasi golkar di Pilkada, tidak lepas dari hitung-hitung politik yang matang pihak DPP. Baik itu popularitas, elektabilitas maupun akseptabilitas calon dan bakal pasangan calon yang akan berproses di Pilkada.

Irjen Murad Ismail yang  dikonfirmasi koran ini via telephon mengenai kabar tersebut, belum tersambung. Namun kata sumber koran ini, Murad dalam waktu dekat akan ke Ambon dan menggelar jumpa pers menyampaikan keinginnya tersebut. (RM/ASI)

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top