Penyebab Diet Tak Berhasil – Rakyat Maluku
KESEHATAN

Penyebab Diet Tak Berhasil

Rakyatmaluku.com – MENURUNKAN berat badan hingga mencapai bobot ideal bukan hal mudah bagi sebagian orang. Sudah mencoba berbagai jenis diet dan membatasi jumlah kalori yang masuk, tetapi tidak kunjung berhasil. Sebagaimana dilansir dari Today.com, mungkin penyebabnya adalah satu atau lebih dari lima hal berikut.

Konsumsi Menu Berpengawet –  Kalori dari karbohidrat olahan dan gula membuat kita makan lebih banyak tanpa merasa puas. Jika niat diet, kalori dari lemak sehat, sumber yang kaya serat, dan protein justru efektif menghasilkan penurunan berat badan. Penulis Michael Pollen mendefinisikan kata makanan sebagai sesuatu yang berasal dari alam, tumbuh di alam, dan pada akhirnya akan membusuk. Jadi, sudah jelas, makanan berpengawet tidak termasuk di dalamnya.

Memulai Hari dengan Karbohidrat – Sarapan dengan sereal atau roti dengan selai untuk diet? Hmm, coba dipertimbangkan kembali. Studi menunjukkan bahwa memulai hari dengan protein, bukan karbohidrat, bisa mengurangi rasa lapar hingga siang hari. Asup setidaknya 15 gram makanan tinggi protein seperti yoghurt tawar dengan kacang-kacangan atau scrambled eggs.

Kurang Tidur – Tidur adalah keistimewaan dan aktivitas itu punya banyak manfaat. Studi menunjukkan kaitan yang jelas antara kurang tidur dan makan berlebihan, naiknya berat badan, serta obesitas. Jika sedang berjuang menurunkan berat badan, setidaknya Anda harus tidur malam 8 jam.

Makan saat Tidak Lapar – Tidak jarang, makan menjadi pelampiasan saat Anda merasa bosan, stres, atau sekadar lapar mata. Ubah mindset bahwa makanan merupakan sumber energi, bukan hiburan. Dengarkan tubuh Anda, kelola pikiran agar konsisten dalam perjuangan menurunkan berat badan.

Lingkungan Tidak Mendukung – Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang berhasil menurunkan berat badan pada umumnya berada di lingkungan yang punya misi sama, memiliki pola hidup sehat, keluarga dan teman-teman yang mendukung atau bahkan saling membuat tantangan untuk mampu mencapai berat ideal. Salah satu yang membuat goyah adalah ketika diajak makan keluar oleh teman-teman. (nor/c14/ayi)

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top