Menkomaritim Lobi Menkeu Soal DAU Maluku – Rakyat Maluku
AMBONESIA

Menkomaritim Lobi Menkeu Soal DAU Maluku

Luhut Pandjaitan

Rakyatmaluku.com – MENTERI Koordinasi Kemaritiman (Menkomaritim) RI, Luhut Pandjaitan, berjanji akan menemui Menteri Keuangan Sri Mulyani, yang saat ini  berada di Washingthon DC, Amerika Serikat, pada Rabu, 26 April 2017 hari ini.

Pertemuan dua anak emas Jokowi ini, dalam rangka membahas Dana Alokasi Umum (DAU) yang dikhususkan kepada Pemerintah Provinsi Maluku, sesuia janji Menkomaritim saat berada di Kota Ambon ini belum lama ini. “Kata Menkomaritim kepada saya, tanggal 25 dia akan berkenjung ke Washington. Di sana, sudah ada Menteri Keuangan. Saya akan bicarakan tentang DAU Maluku dengan Menteri Keuangan di sana.” Demikian disampaikan Gubernur Maluku, Said Asssagaff, kepada wartawan di Ambon, Selasa 25 April.

Menurut, penjelasan Menkomaritim, Kementerian Keuangan akan mengajukan anggaran tersebut ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Ketika berkas pengajuan itu sampai ditangan DPR RI maka dipastikan penambahan akan terjadi. Bahkan menurut Gubernur, Ketua DPR RI Setya Novanto sendiri telah berjanji akan mengawal proses tersebut hingga pada persetujuannya.

Dimana yang menjadi pertimbangan besar yakni sektor kelautan, mengingat luas wilayah laut di Maluku mencapai 92,7 persen sisanya ditutupi oleh wilayah daratan. “Kita pastikan penambahan DAU bagi Maluku mengalami penambahan seperti yang diharapkan oleh masyarakat Maluku,” jelas dia.

Selain DAU, Menkomaritim juga akan membahas rencana pembangunan terminal kontener di Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, guna menunjang pelabuhan perikanan di Maluku. Di sisi lain, Gubernur mengatakan, sampai saat ini dirinya hanya masih menunggu Departement Keuangan mengusulkan DAU ke DPR RI. “Yang jelas kita masih tunggu Departement Keuangan akan mengusulkan ke DPR RI, dan kita sudah minta DPR untuk kawal itu,” tutup dia. (YAS)

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top