Cara Menghindari Penyakit Malaria – Rakyat Maluku
KESEHATAN

Cara Menghindari Penyakit Malaria

SETIAP  25 April, dunia menyatakan perang terhadap penyakit malaria. Sebab, penyakit ini diketahui masih menjadi ancaman bagi masyarakat. Penyakit ini ditularkan nyamuk Anopeles yang menyerang manusia.

Di Indonesia, Malaria masih menjadi ancaman kesehatan menular. Sebab, negara beriklim tropis dengan suhu hangat adalah lokasi yang paling disenangi nyamuk tersebut. Jika akan bepergian ke negara tersebut maka pastikan sudah membekali diri dengan pengetahuan pencegahan penyakit malaria. Gejalanya muncul secara normal dalam waktu 7 sampai 30 hari.

Banyak tanda yang jelas terlihat pada mereka yang terkena malaria seperti demam tinggi, menggigil, muntah dan lainnya.  Berikut adalah beberapa cara menghindari penyakit malaria seperti dilansir Boldsky, Selasa (25/4):

Sadar Risiko
Hal pertama dan terpenting yang harus diketahui adalah daya tahan tubuh saat bepergian dan suhu serta iklim di negara tersebut.

Gunakan Jaring Tidur atau Kelambu
Dengan menggunakan kelambu, bisa mencegah tubuh dari gigitan nyamuk. Nyamuk betina membawa parasit malaria dan gigitannya akhirnya menyebabkan malaria.

Gunakan Krim Antiserangga
Metode lain mencegah malaria adalah dengan menggunakan obat nyamuk krim antiserangga. Gunakan siang hari maupun malam untuk keamanan.

Gunakan Pakaian yang Tertutup
Meskipun berada di tempat yang hangat atau panas cobalah untuk memakai pakaian lengan panjang.

Hidup Bersih dan Sehat
Bersihkan genangan air atau tumpukan kotoran. Pastikan sanitasi selalu bersih.

Pergi ke Dokter
Segera pergi ke dokter setelah bepergian ke wilayah tropis dan jika mengalami gejala penyakit malaria. (cr1/JPG)

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top