3 Anggota PAW DPRD Maluku Dilantik, PPP Belum Usulkan – Rakyat Maluku
BERITA UTAMA

3 Anggota PAW DPRD Maluku Dilantik, PPP Belum Usulkan

Roy Manuhuttu

Rakyatmaluku.com – DIRENCANAKAN Rabu 26 April 2017, hari ini, akan dila­kukan pelantikan tiga ang­gota Pengganti Antar Waktu (PAW) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Maluku untuk mengganti tiga anggota DPRD yang diberhentikan dengan hormat karena me­ngikuti pilkada tahap II tanggal 15 Februari 2017 pada kabupaten/kota di Maluku. Sekretaris DPRD Maluku, Roy Manuhuttu yang dikonfirmasi Rakyat Maluku, tadi malam membenarkan pelantikan tersebut.

“Iya Rabu 26 April 2017, sekira pukul 20.00 WIT akan dilakukan pelantikan terhadap tiga anggota PAW DPRD Maluku. Mereka masing-masing dari PDIP, PKS dan Hanura,’’ tandas Roy.

Lebih jauh Manuhuttu kemudian merincikan nama-nama tiga anggota PAW DPRD Maluku tersebut, berikut mereka yang tergantikan.

‘’Dari PDIP, Everth Kermite akan dilantik meng­gantikan Samson Attapary, dari Hanura, Rasyid Kottalima menggantikan Yasin Payapo, dan dari PKS, Ny. Salma menggantikan Suhfi Majid,’’ kata Roy.

Menurut Sekwan, Ny. Salma sebenarnya dalah pengumpul suara terbanyak nomor tiga pada Pileg 2014 lalu di Dapil Seram Bagian Barat (SBB), namun karena pengumpul suara terbanyak nomor dua mengundurkan diri maka PKS mengusulkan Ny. Salma dan akhirnya akan dilantik.

Roy Manuhuttu juga mengungkapkan, ada lima pergantian antar waktu di DPRD Maluku akibat Pilkada langsung tahap II kemarin. Namun pelantikan baru bisa dilaksanakan untuk ketiga nama di atas. ‘’Dua sisanya dari Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Namun untuk Golkar, kami sudah menerima usulan dari DPD Golkar Maluku untuk diproses dan nama yang diusulkan adalah Elia Ronny Sianressy. Sementara untuk PPP belum ada usulan, mungkin karena masalah dualisme di partai ini,’’ pungkasnya.

Yang menarik, tiga PAW DPRD Maluku yang akan dilantik ini, sama-sama dari Dapil SBB. Attapary, Payapo dan Majid  diberhentikan dengan hormat karena mengikuti pemilihan kepala daerah di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Samson Attapary adalah calon bupati berdampingan dengan Suhfi Majid sebagai wakil, sementara Yasin Payapo menggandeng Timotius Akerina yang adalah anggota DPRD SBB dari Partai NasDem.

Dalam Pilkada SBB ini, Payapo dan Akerina yang mengusung jargon YAKIN memenangkan per­tarungan dan Attapary-Majid yang mengusung jargon Ina Ama berada di posisi runer up. Di DPRD SBB sendiri telah dilakukan pelantikan PAW terhadap Akerina dan penggantinya adalah Hamzah Wakano. (NAM)

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top