Warna Kuku Anda Berubah Bisa Jadi Pertanda Serius – Rakyat Maluku
KESEHATAN

Warna Kuku Anda Berubah Bisa Jadi Pertanda Serius

DISKOLORASI kuku atau kuku yang mengalami perubahan warna menjadi putih, kuning, merah, hitam atau hijau adalah sebuah kondisi yang diakibatkan oleh infeksi dan kondisi kulit tertentu.

50 persen diantaranya, menurut ahli patologi Melissa Conrad Stöppler, MD, disebabkan oleh fungi atau jamur bernama Trichophyton rubrum yang dapat ditemukan di udara, debu dan tanah. Menurut artikelnya di MedicineNet.com, ada juga beberapa penyebab lain dari kondisi ini adalah infeksi yang bakteri Pseudomonas yang dapat merubah warna kuku menjadi kehijauan.

Sementara pada kuku yang berubah warna kemerahan atau kehitaman, menurut Stöppler, biasanya disebabkan oleh berkumpulnya darah di bawah kuku (hematoma) yang disebabkan oleh luka, selain juga akibat dari cantengan. Selain itu, masalah kesehatan serius seperti diabetes, gangguan liver, ginjal, jantung dan paru-paru, kata penerima Physician Scientist Award dari U.S. National Cancer Institute itu, juga bertanggungjawab atas kondisi ini. Penyebab lain dari diskolorasi kuku, dalam hal ini kulit menguning, juga dapat disebabkan kondisi langka bernama yellow nail syndrome, sebuah penyakit yang dapat diturunkan dari orang tua ke anak dan keturunannya.

Kondisi bernama onkolosis (kulit terpisah dari nail bed, kulit yang terletak di bawah lempengan kuku) juga umum ditemukan terjadi. (ruf/fajar)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top