Perokok Elektrik, Baca Nih Pesan Penting dari BPOM dan Polisi – Rakyat Maluku
KESEHATAN

Perokok Elektrik, Baca Nih Pesan Penting dari BPOM dan Polisi

SAAT ini, tren penggunaan rokok elektrik seperti vape mulai marak di masyarakat. Lantaran tak ada regulasi yang mengaturnya, peredaranya tak terkendali. Padahal, ada dugaan kandungan dalam zat liquid rokok tersebut berbahaya bagi tubuh.

Berangkat dari hal itu, kepolisian dan Badan POM sedang merumuskan regulasi peredaran liquid rokok elektrik yang beredar bebas di masyarakat.

Dilansir dari jawapos.com, Wakil Direktur Reskrimsus Polda Jawa Barat, AKBP Diki Budiman mengatakan, rokok elektrik yang menggunakan liquid terindikasi ada yang menggunakan bahan-bahan berbahaya, termasuk Napza (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif).

“Kami bersama Badan POM terus melakukan pembinaan terhadap penjual dan pembuat (Liquid). Baik materi rokok elektriknya, maupun pembuat liquidnya,” ujar AKBP Diki Budiman di BBPOM, Bandung, Jum’at, (21/04).

Kemudian, menurut Diki, pihaknya terus melakukan pengawasan terhadap segala peredaran rokok elektrik dan liquid. Dikhawatirkan, liquid dicampurkan dengan bahan-bahan mematikan dan berbahaya bagi kesehatan manusia.

“Sampai saat ini belum ada keluhan. Badan POM pun belum bisa mengatakan ini (rokok elektrik) berbahaya atau tidak, karena masih pada tahap kajian,” ucap Diki.

Namun, apabila ditemukan liquid dicampur dengan bahan Napza. Diki mengatakan, akan melakukan tindakan tegas.

“Kami sudah koordinasi dengan Direktorat narkoba untuk pengawasan di seluruh Jawa Barat terkait peredaran liquid ini,” pungkasnya. (gun/rmol/mam/JPG)

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top