Kapal Tanker BBM Meledak, 7 ABK Terbakar – Rakyat Maluku
BERITA UTAMA

Kapal Tanker BBM Meledak, 7 ABK Terbakar

Warga melihat gumpalan asap yang keluar dari bagian buritan kapal Tanker Layar Samudera akibat ledakan pada mesinnya saat sementara berlabuh di perairan Teluk Ambon, Jumat 21 April 2017. Foto, Mohas Amir/rakyatmaluku

Rakyatmaluku.comKAPAL tanker Layar Samudera yang berlabuh di perairan Teluk Ambon tiba-tiba meledak disertai kebakaran  pada  salah satu ruangan kapal, Jumat sore, 21 April  2017.

AKIBAT ledakan tersebut meng­akibatkan tujuh orang Anak Buah Kapal (ABK) naas itu terbakar yakni Kapten Kapal Sarbini (45) warga Jakarta, Kepala Kamar Mesin Rahmat (40) warga Makassar,  Masinis III Dayat Hidayat (35) asal Jakarta, Masinis IV Ruben (26) asal Palopo, Hoyler I  Ibrahim (28) asal Palopo, Seken Opision II Darwis (32) asal Palopo, dan OS Hendra (26) asal  Palopo.

Para  korban kebakaran semen­tara ini dirawat di tiga rumah sakit di Kota Ambon yakni Rumah Sakit Tentara (RST), RSUD Kudamati, dan Rumah Sakit Sumber Hidup (RS GPM).

Ledakan disertai kebakaran kapal tersebut diduga kuat  akibat menetesnya BBM dan mengenai generator yang saat itu sedang dinyalakan.

Informasi  yang diterima Rakyat Ma­luku menyebutkan, sebelum ke­ba­ka­ran tersebut Nur­­salim Nuyudi (45) seoarang ABK Kapal Tengker Layar Samudra saat itu berada di dek bawah dan sedang  bersenda gurau bersama rekan kerjanya.  Tiba-tiba ia mendengar  bunyi ledakan di bagian atas palka kapal, karena itu, dia kebagian atas dan melihat gumpalan asap tebal keluar dari cerobong.

Saat ledakan itu, Kapten Kapal, Mualim 1, Masimis 3, OS, sudah terbakar. Setelah melihat mereka dalam kondisi mem­prihatinkan, warga RT 001/RW 001, Kecamatan Ponrang Selatan, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan ini,  langsung para  korban turun dari atas kapal ke Speed Boad untuk di bawa ke RSUD Kudamati Ambon melewati Pelabuhan Yos Sudarso Ambon dan Pelabu­han Slamet Riyadi Ambon.

Menurut Melkiyanus (33) ABK lainnya, bahwa  bensin menetes masuk sampai di dalam kamar mesin, kemudian para ABK bagian mesin membersihkan bensin  yang menetes ke kamar mesin.

Selesai dibersihkan, selanjutnya ABK  lainnya yang bertugas di bagian mesin menyalakan generator, dan setengah jam kemudian terdengar bunyi ledakan.

Terkait ledakan dan kebakaran kapal pengangkut BBM ini, Paur Subbag Humas Polres Pulau Ambon dan Pp Lease mengaku pihaknya belum memastikan penyebab terjadinya ledakan yang mengakibatkan beberapa ABK kapal mengalami musibah, karena ikut terbakar.

“Menurut, Yance  Lelepari (63)  bahwa saat dia  sedang mengumpul pasir di pantai Tanjung Batu,  Desa Hative Besar, saksi mendengar ledakan yang sangat besar  ari sebuah Kapal Tangker dengan nama Layar Samudra, warna biru merah yang berada di perairan Teluk Ambon, Selanjutnya Saksi melihat Kapal tersebut  mengeluarkan asap dan ada sekitar 10 orang lompat dari atas kapal sambil meminta tolong. Ada 3 unit Speedbout menyelamatkan para korban dan membawa para korban ke RS,” terangnya. Dijelaskan, pihaknya belum bisa memastikan penyebab kebakaran  ini lantaran masih dalam penyelidikan. “Tapi, untuk dugaan sementara akibat ledakan generator kapal tengker tersebut,” tutup­nya. (AAN)

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top