Puluhan Satwa Yang Dilindungi Dilepas Ke Habitat – Rakyat Maluku
DAERAH

Puluhan Satwa Yang Dilindungi Dilepas Ke Habitat

Puluhan penyu yang hasil sitaan yang siap dilepaskan kembali ke habitanya.

Rakyatmaluku.com – PEMERINTAH Daerah Kepulauan Aru bersama Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) awal bulan April lalu berhasil melepas puluhan satwa yang dilindungi kembali ke habitatnya. Satwa yang dilepas di areal Belakang Wamar itu diantaranya, Kakatua Putih Jambul Kuning 24 ekor, ular hijau lima ekor dan tokek (kadal raksasa) 12 ekor.

Pelepasan sejumlah satwa yang dilindungi negara itu disaksikan Wakil Bupati Kepulauan Aru Muin Sogalrey, SE, Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Mohammad Djumpa, S.Sos, Kapolres Kepulauan Aru AKBP. Adolop Bormasa, SH, M.HUM dan perwakilan BKSDA di Kepulauan Aru dan Muspida lainnya.

Pelaksana Tugas Sekda Kepulauan Aru Mohammad Djumpa dalam kesempatan itu mengatakan, satwa yang dilepas itu merupakan satwa endemik di Kepulauan Aru yang harus dilindungi karena terancam punah.

“Pelepasan hewan yang dilindungi seperti Kakatua putih, tokek dan ular hijau hasil Pengawasan Lapangan  Polres Kepulauan Aru. Mari kita lestarikan hewan-hewan yang dilindungi negara. Jayalah selalu negeri Ursia Urlima Aru Manise,” ujar Sekda, kemarin.

Puluhan satwa langka ini diamankan jajaran Polres Kepulauan Aru saat melakukan pengawasan di wilayah pelabuhan rakyat Dobo. Pemilik Satwa kemudian dibawa ke Polres dan diperiksa sesuai UU RI Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya serta Peraturan Pemerintah No. 8 tahun 1999 tentang Pemanfaatan Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar.

Respon masyarakat terkait pelepasan satwa yang dilindungi itu pun berdatangan. Agus Baldie, warga Kota Makassar ini misalnya mengaku bersyukur atas kinerja Pemda. “Alhamdulillah. Satu langkah kecil bisa berpengaruh besar terhadap eksistensi alam Aru. Ayo dukung langkah langkah penyelamatan hewan langka oleh Muspida,” ujar Baldie.

Hal senada juga disampaikan Abu Saleh Divinubun. “Itu suatu penyelamatan sekaligus upaya baik dari pemerintah daerah untuk melindungi flora dan fauna yang ada sebagai aset daerah Kabupaten Kepulauan Aru. Semoga selalu mendapat petunjuk dari Allah SWT,” ujarnya. (YOS)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top