Kasus HIV-AIDS Meningkat Di Kota Ambon – Rakyat Maluku
AMBONESIA

Kasus HIV-AIDS Meningkat Di Kota Ambon

Rakyatmaluku.com – KASUS HIV/AIDS di Kota Ambon dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Olehnya itu, Dinas Kesehatan Kota Ambon diminta meningkatkan mobile schrining sehingga mempercepat penemuan kasus HIV maupun AIDS. Menurut data yang berhasil diinput dari Dinas Kesehatan Kota Ambon, jumlah kasus HIV tahun 2016 dari 58 bertambah menjadi 190 penderita. Sementara penderita AIDS dari 31 kasus meningkat menjadi 54 kasus. Peningkatan kasus HIV/AIDS di kota Ambon membawa ancaman besar kalau tidak ada langkah pencegahan.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon, Saidna Bin Tahir, mengaku, prihatin atas meningkatnya kasus HIV/AIDS di kota Ambon. Bagi ia, kasus HIV/AIDS ini adalah anmacan bagi umat manusia. Olehnya itu, harus mendapat perhatian serius dari pemerintah termasuk masyarakat itu sendiri.

“Dari kordinasi DPRD dengan pemerintah kota Ambon sejauh ini, sudah ada langkah dan upaya di masyarakat. Salah satunya sejumlah puskesmas dijadikan klinik IMS dan HIV. Di Tahun 2015, ada sembilan puskesmas yang di jadikan klinik IMS Dan HIV. Tahun 2016 meningkat menjadi 11” ungkap ia.

Menurut Saidna, selain memperbanyak klinik IMS dan HIV pemerintah perlu ditingkatan mobile skrining sehingga mempercepat penemuan kasus HIV maupun AIDS di masyarakat. Selain itu, sosialisasi tentang bahaya HIV/AIDS harus terus dilakukan. “Kita dorong agar kasus HIV/AIDS ini terus dipantau perkembangannya.

Proses sosialisasi akan bahaya HIV/AIDS harus terus dilakukan di masyarakat, sehingga masyarakat sehingga penyebaran virus mematikan ini dapat ditekan di masyarakat. Khususnya buat tempat-tempat hiburan malam, maupun pusat prostitusi di Kota Ambon . Para pramuria harus terus diperiksa kesehatannya, sehingga perkembangan HIV/AIDS di lokasi-lokasi pusat hiburan ini dapat di kontrol,” kata dia. (R1)

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top