Jelang Pilgub, KPU Maluku Ajak Warga Segera Miliki e-KTP – Rakyat Maluku
POLITIK

Jelang Pilgub, KPU Maluku Ajak Warga Segera Miliki e-KTP

Rakyatmaluku.com – GUNA meningkatkan partisipasi pemilih dan meminimalisir persoalan yang berkaitan dengan Pemilihan Gubernur-wakil Gubernur Maluku, masyarakat Maluku dimanapun diharapkan segera memiliki e_KTP.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Musa L. Toekan mengatakan, penting bagi setiap warga negara yang sudah berumur 17 tahun untuk memiliki e_KTP.

“Kedepan pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur  di 2018  nanti. Dan berlanjut sampai pada pemilihan legislatif 2019. Warga yang sudah punya hak pilih, harus mengantonggi e_KTP. Karena itu sangat penting,” kata Toekan, Kamis 20 April 2017.

E_KTP dalam Pilgub Maluku menjadi syarat utama bagi setiap warga negara untuk menyalurkan hak konstitusinya dalam pelaksanaan hari pungur suara. Selain itu, dengan renas waktu tahapan penyelenggaraan pemilihan masih sangat jauh, KPU juga meminta perhatian dari intansi terkait yang memiliki tugas dan tanggungjawab untuk melakukan perekaman data e_KTP supaya mempermudah akses warga membuat e_KTP mereka, agar dikemudian hari tidak  merepotkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) yang ada.

“Sebelum masuk tahapan pemilhan. Pihak Dukcapil harus memperhatikan masalah ini. Sampai dengan tahun 2018-2019 pasti terjadi penambahan pemilih, dari yang ada saat ini. Jika dalam waktu seperti itu baru dilakukan perekaman,  tentu sangat merepotkan mereka sendiri,” pintanya.

Toekan juga bertekad supaya Pemerintah Provinsi Maluku bisa mempasilitasi pertemuan antara penyelenggara pemilihan umum dengan seluruh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang ada di 11 kabupaten/kota guna membahas kesiapan Dukcapil melakukan perekaman.

“Yang mejadi kendala mereka  (Dukcapil) dalam melakukan perekaman adalah masalah blangko. Saya  kira ini harus diperhatikan oleh Dukcapil,” ingat Toekan. (ARI)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top