Diduga Dana Pengawasan Pilkada Malteng Diselewengkan – Rakyat Maluku
DAERAH

Diduga Dana Pengawasan Pilkada Malteng Diselewengkan

Ilustrasi

Rakyatmaluku.com – INDIKASI penyelewengan dan penyalahgunaan anggaran pengawasan pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Maluku Tengah tahun 2017 bersumber dari dana APBD Malteng berjumlah hampir Rp. 11 Miliar oleh Ketua Panwas Malteng Stenly Mailissa (SM) dan jajarannya  mulai mencuat dan diketahui publik.

Sebagai Ketua Panwas sebelumnya (SM) telah mengakomodir sepupunya Clara Soukotta (CS) sebagai staf di Panwas Malteng sejak bulan Agustus sampai Desember 2016, yang di buktikan dengan tanda tangan yang diduga palsu karena CS tidak pernah hadir untuk melaksanakan tugas, karena dirinya adalah karyawan pada salah satu toko bangunan di Kota Ambon.

Hal ini disampaikan oleh Ketua LSM Team Operasioal Penyelamatan Aasset Negara Republik Indonesia  (LSM TOPAN-RI) wilayah Maluku Eduward Hitipeuw kepada media ini melalui telepon selulernya Selasa (18/4/2017). Menurut Hitipeuw, ada pernyataan yang ditulis dengan tangan dan ditandatangani diatas meterai 6.000 yang isinya adalah CS tidak pernah bekerja sebagai pegawai Panwas Malteng dan tidak pernah menerima tunjangan atau gaji yang dibiayai melalui anggaran dana Panwas tersebut.

“Kemana dana atau uang yang ditengarai oleh Ketua Panwas Malteng Stenly Mailissa untuk membayar gaji sepupunya itu alias CS,”tanya Hitipeuw. Selain itu kuat dugaan terjadi penyelewengan anggaran oleh Ketua Panwas melalui berbagai kegiatan di luar agenda pemilihan bupati dan wakil bupati Malteng.

Proses pemilihan bupati dan wakil bupati sudah berakhir setelah hasil perhitungan suara di tingkat KPUD Malteng, sehingga tidak ada lagi agenda yang harus melibatkan Panwas. Anehnya, tanggal 22 Maret 2017 lalu SM melakukan perjalanan ke Bali bersama isterinya Benselina Soukotta (BS) dengan mengatasnamakan sebagai pegawai Panwas, Johana Latukolan (Komisioner) dan Jhon staf Panwas Malteng dengan menggunakan anggaran yang bersumber dari dana Panwas.

Selain itu, pada waktu yang sama Sekretaris Panwas Yanty, Bendahara Jhon Lewakabessy bersama istri dan anaknya dan saudara Dedy menggunakan dana Panwas berlibur juga di Jakarta. “Kami telah melakukan penelusuran pembelian tiket pesawat tertanggal 22 Maret 2017 pada agen ticketing yang menjual tiket yaitu Wiethri yang beralamat di Kelurahan Lesane Kota Masohi,’’ ujarnya.

Menurut Wiethri, benar yang bersangkutan Stenly Mailissa bersama istrinya dan juga bendahara maupun sekretaris Panwas melakukan keberangkatan ke Bali dan Jakarta.

“Mereka pesan tiket di saya dan yang membayarnya adalah bendahara Panwas yang mencapai hampir 20 juta rupiah,”tutur Wiethri.

Setelah melaksanakan perjalanan ke Bali dan Jakarta dalam kurun waktu hampir dua pekan, kembali lagi hembusan angin segar kalau tanggal 10 April 2017 pekan kemarin Ketua Panwas Stenly Mailissa bersama jajaran Panwas Malteng melakukan perjalan ke Jakarta, entah dalam kegiatan apa.

Menurut Hitipeuw, gaji Gakumdu selama tiga bulan belum terbayarkan namun Mailissa bersama jajarannya sudah membuat laporan pertanggungjawaban penggunaan keuangan yang sudah diserahkan ke Badan Pengelolaan dan Asset Daerah.

Hitipeuw meminta Kejaksaan Negeri Masohi dan Polres Malteng bisa mengambil langkah tegas untuk pengusutan dugaan penyalahgunaan anggaran dana Panwas Pilkada Malteng tahun 2017 yang mencapai 11 miliar. Kasi Intel Kejaksaan Negeri Maluku Tengah Non Aktif Gabriel Ubleuw, SH ketika dikonfirmasi media ini di ruang kerjanya Senin (17/4/2017), membenarkan kalau ada berbagai laporan yang sudah diterima pihak Kejaksaan.

“Kami sudah terima berbagai masukan dan laporan baik dari masyarakat maupun LSM atas dugaan penyelewengan anggaran Panwas dalam Pemilukada Maluku Tengah tahun 2017 yang mencapai 11 miliar,”ucap Ubleuw.

Setelah laporan diterima Ubleuw akan mempelajari serta menelaahnya dan hasilnya akan dilaporkan kepada Kepala Kejaksaan Negeri Maluku Tengah untuk ditindaklanjuti. nKetua Panwas Malteng Stenly Mailissa beberapa kali dikonfirmasi melalui telepon selulernya namun tidak bisa terhubung karena HP-nya tidak aktif. (NAM)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top