Cara Ampuh Usir Keringat Berlebih – Rakyat Maluku
KESEHATAN

Cara Ampuh Usir Keringat Berlebih

BERKERINGAT merupakan proses alamiah pada tubuh. Berkeringat dapat menghilangkan racun dari tubuh. Namun, jika berkeringat lebih dari normal atau berlebihan tentu akan menjadi momen yang memalukan. Seseorang dapat menerima cemoohan atau bully jika mengalami basah ketiak atau bau badan akibat keringat berlebih.

Kondisi ini disebabkan oleh hiperhidrosis, di mana kelenjar keringat bersifat hiperaktif. Kondisi ini tidak berbahaya hanya saja dapat membuat seseorang tidak nyaman dan malu.

Keringat berlebihan terjadi karena banyak faktor seperti faktor keturunan, masalah hormonal, infeksi, stres, kecemasan dan beberapa masalah medis seperti masalah jantung, obesitas dan diabetes. Ada solusi alami untuk menghilangkan masalah ini seperti dilansir Boldsky, Minggu (16/4).

Lemon
Lemon sangat ajaib menghilangkan keringat berlebihan. Lemon berperan sebagai deodoran yang membunuh bakteri. Aplikasikan lemon atau perasan lemon pada daerah yang sering berkeringat, seperti telapak tangan dan kaki, setiap lekukan, dan ketiak untuk mencegah keringat berlebihan.

Minyak Kelapa
Kandungan asam laurat di dalam minyak kelapa mencegah keringat berlebih dan menghilangkan bau badan. Asam laurat menghilangkan bakteri yang menyebabkan bau busuk dan juga membuat tubuh segar.

Kentang
Selain menjadi makanan yang sangat baik, kentang juga berperan sebagai antiperspirant Dengan konten pelembab, kentang membantu untuk menghentikan keringat berlebih. Potong kentang menjadi setengah bagian dan oleskan pada daerah yang sering berkeringat.

Baking Soda
Baking soda adalah sumber basa terkenal yang melawan asam. Berkeringat membuat tubuh menghasilkan asam yang memungkinkan bakteri berkembang biak. Baking soda adalah solusi terbaik untuk membunuh bakteri tersebut.

Cuka Apel
Cuka apel dapat mengendalikan kelenjar keringat karena menyeimbangkan tingkat pH tubuh. Fungsinya untuk menyingkirkan bakteri yang diproduksi oleh keringat. Untuk hasil yang efektif, tuangkan cuka apel ke bak air mandi.

Jus Tomat
Pola makan memainkan peran penting dalam mengatasi keringat berlebih. Tambahkan jus tomat dalam menu makan setiap hari agar dapat mengontrol keringat. Perbanyak buah dan sayuran setiap hari.

Teh Hitam
Sekantong teh hitam mengandung sifat zat dan antiperspirant alami yang mengontrol produksi keringat. Celupkan kantong teh dalam air dan oleskan pada daerah yang sering berkeringat.

Garam
Garam adalah salah satu solusi alami paling efektif untuk mencegah keringat berlebih. Campurkan garam ke dalam perasan lemon lalu oleskan pada ketiak, kaki dan daerah-daerah lain yang mengalami berkeringat lebih.

Tepung Jagung
Bubuhkan bubuk tepung maizena. Tepung ini memiliki wangi yang ringan seperti bedak. Aplikasikan tepung maizena setiap kali berkeringat. (cr1/JPG)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top