Aturan Diet Penderita Diabetes – Rakyat Maluku
KESEHATAN

Aturan Diet Penderita Diabetes

KETERGANTUNGAN  pada obat menjadi hal yang biasa bagi penderita penyakit kronis seperti diabetes. Spesialis gizi klinik Prof Dr dr Bambang Wirjatmadi MS MCN PhD mengatakan, syarat diet pasien diabetes adalah adalah jam, jumlah, dan jenis makanan.

’’Yang benar adalah diet benar, bukan diet ketat. Diet ketat hanya membuat asupan gizi mereka menjadi tidak seimbang, akhirnya menjadi hipoglikemi,’’ papar Bambang. Secara konkrit, sarapan jam tujuh pagi bisa makan dengan porsi normal.

Tapi lebih baik mengganti nasi putih menjadi nasi merah, dan roti tawar menjadi roti gandum. Makanan tersebut mengandung kalori yang lebih kecil. Sehingga tidak memperberat kerja pankreas.

’’Untuk gula bisa diganti dengan pemanis buatan, kalau lapar sebelum jam makan bisa nyemil buah. Pepaya atau pir baik untuk pasien diabetes,’’ imbuhnya.

Penderita diabetes memang harus disiplin. Keteraturan jam makan pasti mempengaruhi kadar gula darah. ’’Semakin banyaknya penderita diabetes itu bukan karena orang-orang makannya dalam porsi besar. Tapi banyak pola makan yang salah. Mulai dari nggak sarapan, suka makan larut malam. Itu akan memperberat kerja pankreas akhirnya insulin menjadi resisten,’’ ulasnya. (ina/tia)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top