UAMBN Di MTs Al-Fatah Ambon Berjalan Lancar – Rakyat Maluku
EDUKASI

UAMBN Di MTs Al-Fatah Ambon Berjalan Lancar

Rakyatmaluku.comPROSES pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) sekaligus Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di MTs  AL-Fatah Ambon Senin 17 April kemarin berjalan  lancar. Dari 64 siswa peserta ujian satu  siswa diantaranya berhalangan hadir.


– Muhammad Yamin

Kordintor Pengawas (Korwas) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Ambon,  resmi membuka UAMBN perdana disekolah tersebut. Kepsek MTs AL-Fatah Ambon, Muhammad Yamin Ipa  kepada koran ini  mengakui,   pihaknya belum mendapatkan informasi  pasti dari orang tua siswa  tersebut  terkait  ketidak hadiranya dalam pelaksanaan UAMBN/USBN ini.

”Sebelum memasuki UAMBN/USBN ini kami  sudah mengecek kesiapan. Dan siswa itu  hadir,  entah mengapa hari ini yang bersangkutan tidak hadir. Bahkan sampai sekarang kami belum mendapatkan informasi dari orang tua   siswa itu,”akui M. Yamin Ipa.

Dikatakan, pihak sekolah akan berupaya menghubungi  orang tua atau keluarga dari siswa tersebut, jika memang ada alasan atas  ketidakhadirannya maka  siswa bersangkutan dapat mengikuti ujian susulan.”Ada mekanismenya.  Semoga orang tua dari siswa ini cepat melaporkan sehingga sekolah mempersiapkan proses ujian susulan baginya,”kata M. Yamin Ipa.

Mengingat UAMBN sebagai salah satu faktor indikator kelulusan  maka diharapkan kepada seluruh orang tua  untuk dan tetap memperhatikan baik proses belajar dirumah hingga memperhatikan kondisi kesehatan siswa itu sendiri.”Ini juga sangat penting untuk diperhatikan.

Kami minta kerja sama dari orang tua,”tukas M. Yamin Ipa.
Menurut Dia, pihak sekolah telah mengantisipasi rentetan ujian ini dengan melakukan  berbagai persiapan sebagai bekal siswa, sejak  bulan Oktober  2016 kemarin. Meskipun tidak dilaksanakan try out  untuk mengukur kesiapan siswa menghadapi proses UAMBN ini, namun proses penguatan-penguatan atas mapel  UAMBN juga sudah dilaksanakan.

Begitupun persiapan  siswa dalam menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).”Kami akui ada sedikit kendala  dengan USBN. Sebab, Permendiknas agak terlambat sehingga persiapan  siswa terkait dua Mapel USBN yakni, PKN dan IPS belum maksimal. Hanya saja,sekolah juga sudah buat pengutan -penguatan pada  saat proses belajar mengajar, sehingga atas upaya dan kerja keras itu kami optimis siswa MTs AL-Fatah Ambon dapat meraih sukses UAMBN maupun USBN.”cetus M. Yamin Ipa.

Sebelumya M. Yamin Ipa menjelaskan,   sesuai Prosedur  Operasional Standar (POS)  UAMBN maupun USBN   awalnya  dilaksanakan terpisah. Untuk UAMBN oleh Dirjen Pendidikan Islam  Kementerian Agama RI menetapkannya pada 20-22 April. Sementara POS USBN itu, pelaksananya berlangsung mulai dari tanggal 17 April.

Mengingat  UAMBN dan USBN ini terpisah  maka ada perubahan scedul sehingga proses UAMBN yang tadinya direncanakan berlangsung pada tanggal 20-22 April dimajukan  dan terintegrasi  untuk dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan USBN   pada hari ini  (Senin 17 April kemarin red).

”Jadi bagi sekolah madrasah   dalam satu hari  dua mapel   di ujiankan. Sementara sekolah umum (SMP)  satu hari ,satu Mata Pelajaran (Mapel). Nah  hari pertama ini  Mapel Al-Qur”an Hadits-Akidah Ahklak, Selasa Fiqih -PKN, Rabu, SKI -IPS Terpadu dan Kamis Bahasa Arab.”jelas M. Yamin Ipa. (CIK)

 

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top