Jika Dimekarkan, Wetar Lebih Pas Jadi Ibu Kota Kabupaten – Rakyat Maluku
DAERAH

Jika Dimekarkan, Wetar Lebih Pas Jadi Ibu Kota Kabupaten

Pulau Wetar

Rakyatmaluku.com – JIKA pemerintah pusat memekarkan Kabupaten Kepulauan Terselatan (KKT) dari Kabupaten Maluku  Barat Daya (MBD) maka ibu kota Kabupaten lebih pas ditempatkan  di Pulau Wetar karena Wetar adalah pulau besar di wilayah itu.

Demikian dikatakan Adam Malau, anggota DPRD  Maluku Barat Daya yang juga salah satu putra  Wetar  kepada Rakyat Maluku, Senin, 1  April  via telepon selulernya. Menurutnya, semua pihak mesti belajar dan baerkaca dari Maluku dan DKI Jakarta yang karena daya dukung wilauah ibu kota sudah tidak memadai dan akhirnya mewacanakan pemindahan.

‘’Di Maluku khan diwacanakan dipindahkan ke Seram karena pulaunya lebih besar. Demikian pula di DKI Jakarta, diwacanakan untuk dipindahkan ke Kalimantan. Nah, dari sini kita harus berkaca bahwa daya dukung pulau itu sangat penting dan harus menjadi barometer utama dalam penentuan lokasi ibu kota,’’ pungkas
Menurut dia, jika dipaksakan ibu kota ditempatkan di tempat lain selain di Pulau Wetar, itu sama saja dengan pembohongan terhadap realita soal daya dukung luas wilayah.

‘’Kalau bicara soal kesiapan infrastrukutr, saya pikir itu tidak masalah. Lihat saja, Tiakur yang belum ada apa-apa saja kini sudah menjadi ibu kota kabupaten dan tidak tertinggal dengan daerah lain,’’ pungkasnya.

Ia juga menyebutkan bahwa di Ilwaki yang adalah kecamatan tertua di Pulau Wetar sudah tersedia berbagai infrastruktur awal yang bisa dimanfaatkan jika nantinya aktifitas pemerintah kabupaten berlangsung di sana.

‘’Kedepan juga akan ada pembangunan berbagai sarana dan prasarana pendukung, termasuk Bandara karena Wetar masuk dalam Pusat Kawasan Strategis Nasional (PKSN) sesuai Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2015 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Perbatasan Negara di Provinsi Maluku,’’ sebutnya. Jadi, lanjut dia, kekuatiran tentang kesiapan infrastruktur bukanlah alasan yang tepat.

Selain itu, kata Malau lagi, masyarakat di Pulau Wetar sudah siap menghibahkan lahan seluas 200 ketar untuk lokasi ibu kota. ‘’Di daerah mana saja nanti penempatan lokasi ibu kota, masyarakat sudah siap menghibahkan 200 hektar,’’ tandasnya pula. (NAM)

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top