Agenda Pelantikan Calkada Terpilih Belum Final – Rakyat Maluku
AMBONESIA

Agenda Pelantikan Calkada Terpilih Belum Final

Ilustrasi

Berkas Kota Ambon, SBB dan MTB Rampung, Buru dan Malteng ‘Abu-abu’

Rakyatmaluku.com – KABAR pelantikan Calon Kepala Daerah (Calkada) terpilih untuk lima kabupaten/kota di Provinsi Maluku, akan digelar pada bulan Mei mendatang belum jelas.

Untuk agenda pelantikan, semua dikembalikan kepada Pemerintah Pusat (Pempus), sembari menunggu perubahan regulasi atau undang-undang yang sementara digodok.

Pemprov Maluku, sebagai wakil Pempus di daerah, hanya melakukan tugasnya dengan menyiapkan seluruh kelengkapan administrasi pasca Pilkada dari masing-masing daerah pemilihan, untuk selanjutnya disampaikan kepada Pempus guna diproses. Hal ini ditegaskan Kepala Bidang Otonomi Daerah (Otda) Biro Pemerintahan Provinsi Maluku, Boy Kaya, kepada wartawan kemarin.

Menurut Boy, dari lima kabupaten/kota di Maluku yang mengadakan Pilkada, baru dua kabupaten yang berkasnya telah rampung dan sudah sampai ke Pemprov Maluku. Dua kabupaten itu, Seram Bagian Barat (SBB) dan Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB). Sementara untuk Kota Ambon, dianggap Boy juga telah rampung, karena hanya tinggal beberapa berkas saja, yang harus dipenuhi. “Memang untuk Kota Ambon masih perlu melengkapi beberapa berkas susulan, antara lain keputusan KPU, surat penyampaian KPU ke DPRD, dari DPRD ke Pemerintah Provinsi Maluku, ditambah dengan berita acara paripurna DPRD, semuanya sementara dikoordinasikan. Tapi pada prinsipnya sudah lengkap,” pungkas Boy.

Sedangkan untuk Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Buru, sampai saat ini belum ada kabarnya. Padahal, pihaknya terus berkoordinasi dengan penyelenggara Pilkada dan pemerintah setempat di dua kabupaten tersebut, agar bisa mempercepat pemberkasan, sehingga dapat diusulkan secara bersamaan kepada Pempus, guna ditetapkan agenda pelantikannya. “Kabupaten Buru dalam minggu kemarin, tapi, sampai saat ini belum kami terima.”

Untuk pelantikan, menurut Boy, kalau dilakukan dalam bulan depan, atau sebelum September, maka hanya empat daerah saja yang dilantik. Kota Ambon, SBB, MTB dan Buru. Karena, untuk Maluku Tengah, masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati baru akan berakhir pada bulan September 2017. “Untuk Maluku Tengah mungkin dari belakang, mengingat masa jabatan Bupati-Wakil masih sampai September. Jadi mungkin Kota Ambon, Kabupaten MTB, SBB dan Buru dipercepat untuk dilantik,” amin, Boy.

Boy berharap, dalam waktu dekat semua berkas untuk pelantikan Bupati dan Walikota terpilih di Provinsi Maluku sudah dapat diusulkan kepada Menteri Dalam Negeri di Jakarta. Menyoal tentang pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih SBB yang diduga tersandung masalah hukum, bagi Boy, tidak ada urusannya dengan masalah Pilkada. Urusan Pilkada berjalan sendiri, dan sebaliknya masalah hukum berjalan sendiri. Masalah Pilkada akan tetap diproses sesuai mekanisme yang berlaku. “Kan ada aturannya. Masalah hukum juga harus mempunyai kekuatan hukum tetap,” kunci Boy. (YAS)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top