4 Siswa SMP AL-Wathan Absen Di USBN – Rakyat Maluku
EDUKASI

4 Siswa SMP AL-Wathan Absen Di USBN

EMPAT dari 131 siswa peserta ujian pada  Sekolah Menengah Pertama (SMP) AL-Wathan Ambon absen alias tidak hadir mengukuti proses Ujian Sekolah Berstandar Nasional  (USBN)  yang berlangsung serempak 17 April kemarin.

Kepala Sekolah (Kepsek) SMP AL-Wathan Ambon Samsudin Renhoat mengaku, pihaknya sudah berupaya menghubungi orang tua maupun keluarga dari empat siswa tersebut hanya saja sampai pelaksanaan USBN Senin 17 April  mereka juga belum hadir.” Awalnya kita buat surat  kepada orang tua, tapi  tidak datang. Kemudian  walikelas turun tapi tidak berhasil dan terkahir saya selaku kepala sekolah turun langsung menemui  orang tua maupun keluarga dari empat siswa itu ternyata mereka   sedang berada di luar Kota Ambon,’akui Renhoat kepada koran ini, Senin kemarin.

Dikatakan  ketidak hadiran siswa untuk mengikuti USBN ini juga terjadi pada  proses pelaksanaan Ujian Sekolah (US) beberapa waktu lalu. Hanya saja saat US  dua siswa tidak hadir dan pada USBN ini sebanyak  empat siswa pun tidak hadir.”Total jumlah peserta ujian di SMP Al Wathan Ambon sebanyak 131 orang, minus empat tinggal yang hadir sebanyak 127 siswa,’ujar  Renhoat.

Dirinya menghimbau kepada orang tua  terutama   orang tua empat siswa tersebut untuk segera melapor ke sekolah jika anak mereka telah berada di Kota Ambon.”Jadi kalau  besok (Selada hari ini red)  mereka sudah ada tolong  orang tua segera melapor ke sekolah,  begitupun  pada hari -hari berikutnya. Ini penting agar siswa tersebut bisa diikutkan dalam ujian susulan,”imbau Renhoat.

Dia menegaskan hasil dari USBN ini memiliki peran penting dalam penentuan kelulusan siswa sehingga diharapkan kepada orang tua untuk bekerja sama  dengan pihak sekolah agar segera mendatangkan anaknya untuk mengikuti USBN.”Meskipun sudah  terlambat tetapi alangkah lebih baik ikut ujian susulan dari pada tidak sama sekali. Sebab, itu sangat beresiko bagi anak anda sendiri,”tegas Renhoat.

Kepada siswa yang sementara  mengikuti USBN selama tiga hari itu, Renhoat berpesan agar mengerjakan soal-soal USBN dengan tenang, sehingga hasil yang dicapai sesuai dengan standar nasional. (CIK)

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top