SD Dan SMP Kristen Kalam Kudus Juara Umum Olimpiade MIPA Se-Maluku Tahun 2017 – Rakyat Maluku
EDUKASI

SD Dan SMP Kristen Kalam Kudus Juara Umum Olimpiade MIPA Se-Maluku Tahun 2017

Siswa-siswi Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama Kristen Kalam Kudus Ambon dengan trofi juara setelah pengumuman pemenang Olimpiade Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIP) di Ambon, awal April 2017.

Rakyatmaluku.com – PRESTASI demi prestasi ciamik di bidang akademik dan kesenian terus diukir siswa-siswi Sekolah Kristen Kalam Kudus Ambon. Teranyar siswa-siswi Sekolah Kristen Kalam Kudus sukses menyabet juara umum Olimpiade Matematika dan IlmuPengetahuan Alam (MIPA) tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Menengah Pertama (SMP) se-Provinsi Maluku Tahun 2017.

Olimpiade MIPA diselenggarakan Fakultas MIPA Universitas Pattimura Ambon pada awal April lalu. Kepala Bidang Pendidikan dan Hubungan Masyarakat (Humas) Yayasan Kristen Kalam Kudus Ambon, Sie To Niken Bachri, menjelaskan sebelum mengikuti perlombaan tim SD dan SMP Olimpiade MIPA dibina dewan guru sekolah tersebut tanpa melibatkan pihak luar.

’’Saya sudah konfirmasikan hal ini dengan kepala sekolah, baik SD maupun SMP, mereka bilang sebelum turun berlomba di Olimpiade MIPA tahun ini, anak-anak dibina dewan guru Sekolah Kristen Kalam Kudus, tidak melibatkan pihak luar. Ini berbeda dengan sekolah-sekolah lain yang membayar kalangan profesional untuk mempersiapkan tim sekolahnya. Hal ini menunjukkan kualitas sumber daya guru sekolah Kristen Kalam Kudus Ambon sudah sangat baik dan mumpuni,’’ ungkap Niken kepada Rakyat Maluku di Ambon, Sabtu (15/4).

Niken mengakui para guru menyatakan rasa bangga karena meski tenaga mereka dan para siswa sudah terkuras dalam persiapan untuk pementasan Festival Budaya Kolosal jelang HUT ke-45 sekolah itu, namun siswa-siswa Kristen Kalam Kudus mampu mengukir prestasi ciamik dengan menyabet juara umum Olimpiade MIPA tingkat SD dan SMP se-Maluku tahun 2017.

Sejurus dengan itu, terang Niken, Profesor Ismail Tahir yang juga mantan Koordinator Kopertis Wilayah Maluku, mantan Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Maluku, mantan Rektor Universitas Darusalam Ambon dua periode, ketika dihubungi pihaknya melalui saluran ponsel mengakui sudah sejak lama dirinya mengamati sekolah Kristen Kalam Kudus Ambon di mana dalam banyak hal manajemennya selalu sungguh-sungguh dan profesional mengelola lembaga pendidikannya sehingga hasil baik selalu diperoleh hingga saat ini dan hal itu merupakan buah kerja keras Yayasan Pendidikan Kristen Kalam Kudus Ambon berikut pimpinan sekolah dan dewan guru.

’’Sudah sejak dulu sekolah ini selalu tampil dengan prestasi akademik yang sangat baik. Tidak heran kalau siswa-siswa sekolah Kristen Kalam Kudus selalu mewakili Kota Ambon maupun provinsi Maluku ke jenjang nasional dan internasional. Tentu ini hal yang baik dan pantas menjadi contoh bagi sekolah-sekolah yang lainnya,’’ ujar Niken melanjutkan pernyataan Tahir.

Menariknya, lanjut Niken, yang menjadi juara dari sekolah dalam perlombaan serupa adalah mantan siswa-siswi sekolah Kristen Kalam Kudus Ambon. ’’Saat ini Sekolah Kristen Kalam Kudus sudah selangkah lebih maju dalam membina kerohanian siswa, guru, dan karyawan, karena sudah memiliki pendeta sekolah, dan dalam waktu dekat akan disiapkan seorang psikolog Kristen, lulusan seminari terbaik Tanah Air, sebagai bentuk keseriusan lembaga pendidikan ini dalam menyiapkan sumber daya manusia yang tidak hanya pandai, namun takut akan Tuhan sehingga kelak menjadi aset yang berharga bagi Kota Ambon, Maluku dan Indonesia,’’ urainya.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Ambon Beny Kainama menyampaikan apresiasi atas keberhasilan siswa-siswa SD dan SMP Kristen Kalam Kudus Ambon merengkuh juara umum Olimpiade MIPA tahun ini yang diselenggarakan F-MIPA Unpatti.

’’Pertama-tama saya sangat mengapresiasi keberhasilan ini. Itu artinya pimpinan sekolah, dewan guru, siswa dan seluruh komponen terkait di Yayasan Kristen Kalam Kudus Ambon berhasil dalam proses pembinaan dan kegiatan belajar mengajar di sekolah,’’ terang Kainama.

Dia mengimbau keberhasilan siswa-siswa Kristen Kalam Kudus dapat dicontohi siswa-siswa sekolah lain di Kota Ambon sehingga dari waktu ke waktu akan menambah ketatnya persaingan dan kualitas perlombaan. ’’Saya berharap prestasi ini akan tetap dipertahankan dan bila perlu ditingkatkan lagi di masa mendatang,’’ pungkas Kainama.

Sebelumnya pada 30 Maret 2017, sekolah Kristen Kalam Kudus Ambon sukse menggelar Festival Budaya di kawasan Pattimura Park yang dihadiri ribuan orang dan mendapat pujian dari sejumlah pemerhati seni di Maluku. Tim bola basket SMP Kristen Kalam Kudus Ambon juga menggondol juara pertama pertandingan bola basket antarpelajar yang diselenggarakan Pengurus Kota Perbasi Ambon, awal April silam. (ROS)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top