Ini Manfaat Rempah-rempah Bagi Jantung Anda – Rakyat Maluku
KESEHATAN

Ini Manfaat Rempah-rempah Bagi Jantung Anda

Rakyatmaluku.com – PENTINGNYA menjaga kondisi jantung tetap sehat adalah sesuatu yang tidak perlu dijelaskan lagi. Sayangnya, saat ini banyak sekali orang yang kurang memperhatikan kesehatan jantung mereka.

Hal itu terbukti dengan semakin banyaknya orang yang mengidap penyakit jantung pada usia produktif. Padahal, ada banyak cara untuk menjaga jantung tetap sehat.

Selain olah raga, yang merupakan cara paling umum, mengonsumsi rempah-rempah juga terbukti berdampak positif bagi jantung.

Berikut ini rempah-rempah yang baik untuk kesehatan jantung Anda, seperti dilansir laman Care2, Kamis (13/4):

Kapulaga
Rempah satu ini mungkin lebih dikenal karena kemampuannya untuk mengatasi penyakit pencernaan, seperti mual, muntah, mulas dan diare. Namun, dalam hal kesehatan jantung, kapulaga telah menunjukkan punya dampak positif.

Sebuah penelitian terhadap penderita penyakit jantung iskemik menunjukkan, mengonsumsi 3 gram kapulaga setiap hari selama 12 minggu bisa menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, serta peningkatan signifikan antioksidan dan aktivitas fibrinolitik.

Ketumbar
Ketumbar sebenarnya terdiri dari daun yang disebut cilantro dan rempah-rempah yang berasal dari biji tanaman ketumbar yakni coriandrum sativum L.

Benih ketumbar telah terbukti mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL), trigliserida dan kolesterol pada tikus.

Kunyit
Kunyit (Curcuma longa L.) identik dengan senyawa aktif yang terkandung di dalamnya, kurkumin.

Manfaat kunyit dan kurkumin jauh melampaui kemampuan mereka untuk meningkatkan rasa makanan Anda.

Kurkumin mampu meningkatkan fungsi dari lapisan pembuluh darah (endotelium).

Hal ini penting karena disfungsi endotel erat kaitannya dengan tekanan darah, pembekuan darah dan faktor-faktor lain yang terkait dengan penyakit jantung. Penelitian lain telah menunjukkan bahwa kurkumin menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, termasuk pasien dengan penyakit arteri koroner.

Jahe
Jahe (Zingiber officinale Roscoe) mengandung senyawa yang disebut gingerol, yang memiliki kekuatan anti-inflamasi dan antioksidan.

Kombinasi jahe, bawang dan bawang putih sangat membantu dalam mengatasi pembekuan darah yang pada gilirannya melindungi terhadap serangan jantung dan stroke. (Fajar/jpnn)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top