Tak Puas Dengan Kinerja KPU MTB, Dharma Lapor DKPP – Rakyat Maluku
BERITA UTAMA

Tak Puas Dengan Kinerja KPU MTB, Dharma Lapor DKPP

Dharma Oratmangun

Rakyatmaluku.com – BAGI sebagian orang bisa saja Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang berlangsung di Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) sudah final dan menghasilkan pasangan Petrus Fatlolon – Agus Utuwaly sebagai kepala daerah-wakil kepala daerah terpilih, tetapi tidak untuk calon bupati Dharma Oratmangun. Kader Partai Golkar yang dijagokan di Pilkada MTB itu tetap menempuh jalur hukum yang tersedia untuk mencari keadilan atas berbagai dugaan pelanggaran pidana pemilu yang sampai saat ini belum ada keputusan hukum yang berkekuatan hukum tetap.

Dharma Oratmangun menjelaskan, secara pribadi dia memahami betul dan sadar secara politik, jika dalam Pilkada pasti ada pasangan yang menang dan ada yang kalah, tetapi semua tahapan Pilkada harusnya dilakukan dengan cara-cara yang mendidik.

Penyelenggara Pilkada seperti KPU, dan Panwas serta pihak Kepolisian selaku instrumen negara yang berkewajiban mengawal proses demokrasi berjalan sesuai kaidah-kaidah hukum yang ada juga dituntut profesional, bukan malah melakukan perbuatan-perbuatan yang justeru mencederai nilai-nilai demokrasi itu sendiri.

“Bagi saya ada kejahatan demokrasi di Tanim­bar, Maluku Tenggara Barat sebagai kawasan perbatasan di republik ini.  Ini harus dibongkar, agar ada pembe­lajaran bagi generasi kita,” ajak Dharma saat menggelar jumpa pers di kediamannya, Rabu 12 April 2017.

Dharma merincikan berbagai ketidakberesan selama tahapan Pilkada berlangsung di MTB, yakni ditemukan tiga versi Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dipakai KPU MTB. Versi pertama yang dikirim ke masing-masing pasangan calon sebelum sebelum hari pelaksanaan pemungutan suara hanya berupa angka-angka.

Prev1 of 4

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top