Ini Pemain Blasteran yang Dominan Berdarah Maluku – Rakyat Maluku
ALL SPORT

Ini Pemain Blasteran yang Dominan Berdarah Maluku

Rakyatmaluku.com – KEMENTERIAN Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) merilis 24 pemain keturunan Indonesia yang tersebar di Eropa. Daftar nama ini merupakan hasil kerja sama antara Kemenpora dengan Kemenlu. Kebanyakan dari pemain-pemain blasteran itu jika menelisik marga dan ikatan emosionalnya berdarah Ambon, Maluku.

Dari 24 nama tersebut ada nama Stefano Lilipaly yang berdarah Maluku dan Ezra Walian (berketurunan Menado, Sulawesi Utara) yang saat ini sudah menjadi WNI. Selain itu ada pula nama Joey Suk yang disebut-sebut tinggal mengambil sumpah menjadi WNI.

Ada pula bintang muda Ajax Amsterdam, Kenny Tete dalam daftar tersebut. Namun Tete tidak bisa dinaturalisasi karena sudah memperkuat timnas senior Belanda. Hal yang sama berlaku untuk Jairo Riedewald yang juga pernah memperkuat Oranje. Jairo punya darah Maluku dari orangtuanya.

Nama lainnya merupakan nama baru. Kini menjadi tugas PSSI untuk mencari pemain terbaik untuk ditawari menjadi WNI dan memperkuat Timnas Indonesia.

“Menpora meminta bantuan Menlu untuk menyampaikan arahan kepada para kepala perwakilan RI di kawasan Eropa Barat dan juga di negara Qatar agar melakukan pendataan terhadap potensi sejumlah pemain sepakbola keturunan Indonesia yang tentu saja dengan kompetensi dan prestasi berkualitas,” ujar Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto seperti dikutip dari Goal.

“Sebagai tindak lanjutnya, Kemenpora telah memberikan informasi tersebut secara resmi kepada PSSI. Mau ditindak lanjuti atau tidaknya pendataan tersebut tergantung sepenuhnya kepada PSSI.”

“Selain itu, mereka ini pun masih perlu dikonfirmasi bersedia atau tidaknya bergabung dengan Timnas Indonesia, karena tugas perwakilan Indonesia di Eropa hanya melakukan pendataan,” jelas Gatot. (NET/ROS)

Berikut Adalah 24 Pemain Keturunan Indonesia yang Tersebar di Eropa:

Kiper: Benjamin Van Leer (usia 25 tahun/klub: Roda JC Belanda)
Belakang: Sandy Walsh (24/KRC Genk Belgia), Ard Van Peppen (31/Roda JC Belanda), Jairo Riedewald (20/Ajax Amsterdam), Kenny Tete (21/Ajax Amsterdam), Keziah Veendorp (20/FC Groningen Belanda), Mark Van der Maarel (27/FC Utrech Belanda), Jeffrey Leiwakabessy (36/NEC Breda Belanda), Kevin Dicks (20/Vitesse Arnhem Belanda), Calvin Verdonk (19/PEC Zwolle Belanda), Levi Opdam (20/AZ Alkamar), Matthew Steenvoorden (24/SC Cambuur Belanda), Jordy Tutuarima (23/SC Telstar Belanda), Darren Sidoel (19/Ajax U-19 Belanda).
Tengah: Joey Suk (27/Go Ahead Eagles Belanda), Jeffrey Rijsdijk (29/Almere City Belanda), Gaston Salasiwa (28/Almere City Belanda), Kenny Anderson (25/RKC Waalwijk Belanda), Navarone Foor (25/Vitesse Arnhem Belanda), Thom Haye (22/Willem II Belanda), Tom Hiariej (28/FC Groningen Belanda), Stefano Lilipaly (27/SC Cambuur Belanda), Joey Pelupessy (21/Heracles Almelo Belanda).
Depan: Ezra Walian (19/Jong Ajax Belanda).

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top