MIT Assalam Siapkan Siswa Ikut Aksioma Dan KSM Di Jogja – Rakyat Maluku
EDUKASI

MIT Assalam Siapkan Siswa Ikut Aksioma Dan KSM Di Jogja

Junda Tehuayo - Kepsek MIT Assalam Ambon

Rakyatmaluku.com – MADRASAH  Ibtidaiyah (MIT) Assalam Ambon,  tahun ini kembali mempersiapkan siswanya  dalam rangka diikutkan pada ivent Aksioma yang akan berlangsung di  Kota Jogjakarta beberapa waktu mendatang. Proses persiapan ini dengan telah dilakukan pembinaan khusus terhadap siswa yang nantinya mewakili Provinsi Maluku pada pentas Nasional itu.

Kepsek MIT Assalam Ambon, Junda Tehuayo mengatakan, siswanya pernah  sekali mengikuti Aksioma beberapa tahun kemarin. Hanya saja saat itu prestasi belum berhasil dicapai. Untuk  mewujudkan mimpi meraih prestasi tersebut, pihak Sekolah tidak tanggung-tanggung secara rutin memberikan pembinaan.

”Karena Aksioma  untuk tingkat MI hanyalah MTQ dan lomba pidato Bahasa Indonesia maka kami sudah mengantisipasinya dengan memberikan bimbingan khusus,”akui Junda Tehuayo, kepada koran ini  diruang kerjanya, Selasa 11 April.

Dari hasil evaluasi yang dilakukan setiap dua pekan sekali itu  lanjut Junda Tehuayo, ada tren peningkatan positif meskipun dari sisi lomba pidato Bahasa Indonesia masih  belum maksimal.”Kekurangan ini akan terus kita  benahi. Sementara  untuk peserta yang  nantinya mengikuti lomba MTQ, kita datangkan tenaga dari luar guna memberikan pembinaan. Sebab, kalau hanya tilawah saja seluruh guru di MIT Assalam Ambon juga bisa.”kata Tehuayo sembari menambahkan, potensi-potensi dasar siswanya sudah ada tinggal  dikemas hingga  maksimal.

Dia berharap, pada event Aksioma tahun ini siswanya dapat meraih prestasi.”Kalau  dulu kami belum berhasil tetapi tahun  kami optimis dapat mencapai prestasi itu,”tutur Tehuayo.

Sementara terkait kesiapan MIT Assalam Ambon dalam pentas Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Nasional  di Kota yang sama, lanjut Tehuayo pihak sekolah juga sudah mengambail berbagai langkah  kesiapan. Mendahuluinya,  telah dilakukan seleksi  tingkat sekolah sebelum diperoleh juknis kegiatan dimaksud.” Ada dua bidang yang  harus disiapkan dengan matang yaitu, Matematika dan IPA. Nah untuk mencari peserta yang punya potensi kami sudah melaksanakan seleksi  bagi peserta dari kelas IV dan V. Hasilnya empat  orang siswa direkrut dari masing-masing bidang  tersebut,”ungkap Tehuayo.

Saat ini kata Tehuayo, siswa yang lulus seleksi internal sekolah itu terus diberikan pembinaan oleh guru pembimbing. Pembinaan khusus ini dilakukan pada hari Jumat dan sabtu diakhir pekan.

Dia dikatakan, empat orang siswa dari masing-masing bidang itu  nantinya juga  mengikuti seleksi  tingkat Provinsi. Dan jika berhasil akan mewakili Maluku pada   ajang bergengsi bagi sekolah madrasah itu.”Memang  dari tahun ke tahun hanya dimintakan satu saja. Tapi kami mengutus lebih dari itu guna diseleksi,”kata Tehuayo.

Upaya persiapan  yang matang ini  tambah Tehuayo, memiliki tujuan dan harapan, dimana peserta  yang sudah berhasil diraih pada even KSM sebelumnya akan tetap dipertahankan bilai perlu meningatkan  prestasi.Apalagi saat ini sudah ada banyak kompetitor.”Yang jelas kami  siap bersaing dengan sekolah-sekolah lainnya,”demikian Junda Tehuayo. (CIK)

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top