Listrik Padam Saat UNBK Tengah Berlangsung – Rakyat Maluku
EDUKASI

Listrik Padam Saat UNBK Tengah Berlangsung

Ilustrasi

Rakyatmaluku.com – SETELAH terjadi gangguan  di server utama pada pelaksanaan  Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) perdana Senin 10 April di beberapa  sekolah SMA di Kota Ambon kemarin hingga menyebabkan waktu UNBK molor sejam lebih. Kali ini UNBK hari kedua ikut terhambat akibat listrik padam.Meskipun hanya beberapa saat.

Pantuan koran ini di SMA Kristen YPKPM Ambon,siswa yang tengah mengikuti UNBK sontak bingung akibat listrik padam.Beruntung PLN telah menyiagakan sebua Unit  Genset Mobile  disekolah.”Ia memang benar tadi lampu padam saat UNBK  tengah berlangsung.

Tapi itu tidak menyebab mulur waktu bagi pelaksanaan UNBK. Sebab, saat itu pula mesin genset mobile langsung dioperasikan,”akui Kepsek SMA Kristen YPKPM Ambon, E.Laturiuw,kepada wartawan, Selasa 11 April.

Menurut Kepsek murah senyum ini,  persiapan menuju pelaksanaan UNBK memang sudah  dilaksanakan sejak awal.Dimana pihak sekolah  menjalin kerja sama dengan PLN dan Telkomsel untuk menjaga  suplay listrik maupun akses jaringan Telkom.”Jadi minus dua hari pada Jumat pekan kemarin kami konfirmasi ke PLN untuk minta kerjasamanya. Dan Genset langsung di standbaykan pada Minggu malam.”ujar Laturiuw.

Dia menambahkan, pada pelaksanaan UNBK itu 225 siswa  dibagi dalam tiga sesi ujian. Masing-masing sesi 75 siswa.”Memang   proses UNBK sejauh ini berjalan  dengan lancar-lancar saja. Tetapi yang diharapkan  dari UNBK ini adalah pencapaian  nilai maksimal sesuai standar yang ditentukan.

Kami pada setiap kesempatan baik itu apel maupun pembinaan menyampaikan kepada siswa  bahwa UN tidak menentukan kelulusan tapi mengukur kemampuan  siswa itu sendiri mencapai Perguruan Tinggi (PT) yang  dituju. Sebab, tidak semua PT menerima nilai dibawa standar 5,5.”tambah Laturiuw.

Terkait pemadan listrik itu, Deputi Manager Hukum dan Humas PLN Wilayah Maluku-Maluku Utara, Eduard Peea menyampaikan, PLN telah menyediahkan beberapa unit mesin genset mobile untuk memback up sekolah pelaksana UNBK.”Pemadaman listrik pagi kemarin, secara jelas tidak  menghambat kelancaran UNBK. Sebab,  telah di back up dengan  genset mobile,”ujar Eduard.

Pihaknya kata Eduard, juga sudah mengkonfirmasikan ke sekolah-sekolah pelaksana UNBK, tetapi itu tidak ada masalah. Untuk SMA Negeri 1 Ambon lanjut dia, padam lampu saat sesi pertama suda selesai.”Jadi  memang tidak ada masalah,”dalih Eduard. (CIK)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top