Yang Berminat Ke Unpad, Udayana Dan Unhas Pemprov Siapkan Beasiswa – Rakyat Maluku
BERITA UTAMA

Yang Berminat Ke Unpad, Udayana Dan Unhas Pemprov Siapkan Beasiswa

MENINJAU UNBK. Gu­bernur Maluku Said Assagaff meninjau berja-lannya Ujian Nasional Ber­basis Komputer (UNBK) di SMA Negeri 1 Ambon, Senin 10 April 2017. Foto: Mohas Amir/Rakyat Maluku

Rakyatmaluku.com – SEBANYAK 23.674 siswa Sekolah Mene­ngah Atas (SMA) serta Madrasah Aliyah (MA) di Maluku, Senin 10 April 2017 mengikuti Ujian Nasional Tahun 2017. Dari jumlah tersebut, 3.991 diantaranya mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun 2017.

“Penyelenggaraan UNBK di Pro­vinsi Maluku memang belum merata di 11 Kabupaten/Kota. Namun saya berharap 3 sampai 4 tahun ke depan sekolah-sekolah di Maluku sudah bisa menggunakan UNBK,” ujarAssagaff, kepada wartawan, saat dirinya merilis token UNBK di SMA Negeri 1 Ambon, Senin 10 April 2017.

Assagaff juga berharap penyelenggaran Ujian Nasional tahun ini bisa berjalan dengan aman, lancar dan sukses. “Harapan Kita semua harapan guru harapan orang orang tua murid anak-anak mereka bisa meraih prestasi. Kalau bisa 100 persen semua lulus,”tuturnya.

Melalui pantauan yang dilakukannya di ruang ujian pada SMA Negeri 1 Ambon, Assagaff katakan, persiapan-persiapan yang dilakukan pihak sekolah sudah sangat baik.

“Dari hasil pantauan di tiga kelas tadi, persiapan matang, anak-anak juga sangat serius dalam membaca setiap soalnya yang muncul dari komputer mereka. Saya mengamati tadi dengan ibu kepala sekolah juga, soalnya itu kan dibuat beberapa paket. Ada antara satu dengan yang lain sama, ada juga banyak yang berbeda,” terangnya.
Menyinggung masalah listrik yang bisa saja menjadi kendala selama pelaksanaan UNBK, Assagaff memastikan jika hal tersebut tidak akan terjadi karena PLN sudah memberikan garansi terkait listrik.

“Tadi saya sudah tanya ibu kepala sekolah, sampai dengan tadi malam juga PLN sudah menggaransikan, dan sudah menandatangani bahwa tidak akan ada mati lampu, mereka juga menawarkan ke mesin diesel dan genset untuk disiapkan. Saya akan ikuti terus jangan sampai ujian nasional ini terganggu,” tandasnya. Sebelumnya, saat memberikan sambutan di hadapan para siswa peserta ujian, Assagaff menyampaikan informasi bahwa Pemerintah Provinsi Maluku menyiapkan beasiswa bagi lulusan-lulusan SMA dan sekolah sederajat di Maluku, untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi di Universitas Padjajaran, Bandung dan juga di Universitas Udayana, Bali.

“Tadi saya sampaikan ke mereka, pemerintah daerah juga tahun ini masih memberikan beasiswa bagi mereka yang akan kuliah di Padjajaran, Bandung di bidang geologi dan juga di Udayana, Bali bidang pariwisata. Bagi mereka yang mau mendapatkan beasiswa dan juga senang dengan 2 jurusan itu silahkan. Kita ada panitia, ada Pemda Provinsi Maluku dalam hal ini Diknas, ada Unpatti untuk bisa menyeleksi mereka,” paparnya.

Dia menambahkan, untuk Universitas Padjajaran, Bandung terdapat peluang untuk sekitar 30 pelajar dan di Universitas Udayana, Bali juga terdapat peluang yang sama sebanyak 30 pelajar.

“Kami juga sudah membuat Memory of Understanding dengan kedua perguruan tinggi itu, termasuk juga dengan Rektor Universitas Hasanudin, Makassar. Di sana juga bisa mengambil studi di bidang transportasi dan beberapa bidang-bidang yang lain. Karena bea siswa ini diperuntukan terkait dengan potensi sumber daya alam Maluku yang akan diolah ke depan. Kita berharap anak-anak kita bisa meraih prestasi yang sukses di bidang bidang tersebut nanti,” bebernya. (YAS)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top