Radio Harmoni 107,7 FM IAIN Ambon Dilaunching – Rakyat Maluku
AMBONESIA

Radio Harmoni 107,7 FM IAIN Ambon Dilaunching

LAUNCHING. Rektor IAIN Ambon, Dr. H. Hasbollah Toisuta, memukul tifa, tanda launching Radio Harmoni 107,7 FM IAIN Ambon, disaksikan Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Dr. A. Mujaddid Naya, dan Kepala Lab Komunikasi Massa, M. Ihwan Putuhena, Senin, 10 April 2017. Foto/IST

Rakyatmaluku – REKTOR Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Dr. H. Hasbollah Toisuta, melaunching Radio Harmoni 107,7 FM. Radio yang dihandle langsung oleh Laboratorium Komunikasi Massa, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Ambon ini, sudah diproses pembentukannya sejak Tahun 2015 lalu. Setelah melewati proses panjang, akhirnya secara resmi dilaunching, pada Senin, 10 April 2017, disaksikan crew Radio Republik Indonesia Ambon, dan TVRI.

Rektor IAIN Ambon, Dr. H. Hasbollah Toisuta, da­lam sambutannya mengharapkan, agar penge­lo­la Radio Harmoni IAIN Ambon, dapat memanfaatkan keberadaan radio ini sebagai tempat untuk mensosialisasikan program IAIN Ambon yang sesuai dengan visi-misi, dan sekaligus sebagai tempat praktek para mahasiswa, terkhusus mahasiswa Jurnalistik dan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI).

“Sifatnya hanya radio komunitas kampus, bukan untuk komersial. Sehingga radio ini dirasa penting untuk hadir di IAIN Ambon. Tidak ada proses bisnis di sini. Hanya untuk kepentingan pendidikan di IAIN Ambon, terkhusus bagi mahasiswa yang mengambil bidang Jurnalistik dan KPI, maupun mahasiswa yang ingin konsent belajar soal media atau broadcasting,” kata Rektor.

Menurut Rektor, sesuai namanya, Radio Harmoni, maka fokusnya dalam penyiaran, untuk menciptakan harmoni dan kedamaian di tengah masyarakat. Tentu, tantangan yang akan dihadapi oleh pengelola tidak mudah, karena keragaman sosial masyarakat yang kian berkembang. Lebih pentingnya lagi, menurut Rektor, dalam program penyiarannya harus lebih difokuskan kepada visi dan misi IAIN Ambon.

“Selain untuk mengembangkan visi perdamaian dalam konteks masyarakat multikultural, juga menyampaikan visi-misi yang diusung oleh Rektor.” Selain itu, peran menghidupkan pendidikan. Memberikan pemahaman kepada masyarakat luas lewat penyiaran, untuk memahami betapa pentingnya pendidikan. “Peran edukasi. Bagaimana peran Radio ini, untuk mencerdaskan masyarakat dan proses-proses pendidikan yang ada di jangkauannya.”

Sebagai kampus Islam di Maluku, Rektor meminta kepada pengelola Radio, agar segera menyiapkan agenda untuk menyambut bulan Suci Ramadhan, yang tidak lama lagi dilaksakan oleh umat Islam. “Segera siapkan agenda, agar sudah bisa eksis pada bulan Ramadhan.

Radio harmoni bisa eksis dengan acara-acara rohani selama bulan Ramadhan. Termasuk, setelah itu, kita siapkan agenda kampus yang dapat dilaporkan secara langsung, seperti wisuda, seminar nasional, atau bisa juga khutbah Jumat.” Selain radio, yang sudah dilaunching kemarin, rektor juga meminta agar pengelola lab, agar mempercepat proses pengurusan izin produksi TV Harmoni IAIN Ambon. Karena, ini menjadi penting dalam rangka membangun IAIN Ambon, yang lebih baik di masa mendatang. Sekaligus, kata Rektor, untuk menjawab keresahan para mahasiswa di bidang Jurnalistik.

Sebelumnya, Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Ambon, Dr. A. Mujaddid Naya, dalam sambutan singkatnya, menegaskan, proses pembentukan Radio Harmoni, sejak pertama hingga launching kemarin, dipantau langsung oleh rektor. Sehingga, hampir semua yang dilakukan mulai dari pengurusan izin, dan sebagainya, terkoordinasikan kepada Rektor.

Menurut Dekan, alasan penting adanya Radio Harmoni ini, tidak lepas dari adanya dua program studi yang ada di Fakultas Uswah, Prodi Jurnalistik dan Prodi Komunikasi Penyiaran Islam. Ia berharap, Radio ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan skill mahasiswa, khususnya di bidang jurnalistik maupun broadcasting. “Dengan hadirnya Radio ini, maka dapat dijadikan sebagai tempat praktek. Sehingga, di sini akan dilatih skill para mahasiswa, agar pada akhirnya mereka magang, minimal mereka paham tentang praktek-praktek jurnalistik di lapangan,” singkat Dekan.

Sementara Kepala Lab Komunikasi Massa Fak Uswah, M. Ihwan Putuhena, yang juga Direktur Radio Harmoni, dalam laporannya menegaskan, Radio Harmoni IAIN Ambon mulai berproses pembentukannya sejak Tahun 2015 lalu. Setelah melewati proses panjang, akhirnya bisa dilaunching kemarin. Launching kemarin dilakukan, sehingga lebih memperjelas kepada masyarakat umumnya, dan civitas IAIN Ambon khususnya, bahwa Radio Harmoni dengan gelombang pemancar 107,7 FM sudah bisa mengudara dalam waktu dekat.

Selain launching ini, juga telah dibuka rekruitmen crew Radio, yang selanjutnya semua akan berproses secara profesional di bidang casting. Untuk fasilitas, menurut dia, selain memiliki lab, fasilitas lainnya juga telah siap, meski masih membutuhkan tambahan perbaikan ke depannya. “Kita akan mulai dari yang sudah ada. Saat ini, fasilitas radio sudah ada, termasuk antena yang telah terpasang. Nah, tenaga semua harus disiapkan termasuk fasilitas untuk on-air,” ujar Ihwan. (WHL)

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top