Kepala UPTD Buka Sanpul UN Di SMAN 1 Salahutu – Rakyat Maluku
EDUKASI

Kepala UPTD Buka Sanpul UN Di SMAN 1 Salahutu

PENYEMATAN. Kepala UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan salahutu, Afan Lestaluhu saat menyematkan tanda peserta UN kepada siswa peserta UN di SMAN 1 Salahutu. - Foto: Azis Saimima/Rakyat Maluku

Rakyatmaluku.com – KEPALA Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pendidikan dan Kebudayaan, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Afan Lestaluhu  secara resmi membuka sampul Ujian Nasional (UN) perdana di SMA Negeri 1 Salahutu, Senin 10 April.

Dalam arahan singkatnya, Lestaluhu mengatakan, SMA Negeri 1 Salahutu, merupakan salah satu SMA tertua di Kabupaten Maluku Tengah. Dimana terhitung hingga saat ini telah melahirkan kurang lebih 30 generasi. Dia mengajak siswa berbangga dengan sekolah tempat mereka menimbah ilmu.”Kita harus bangga dengan keberadaan sekolah ini,’ajak Lestaluhu.

Diapun lantas berharap, generasi yang akan mengakhiri jenjang pendidikan pada tingkat SMA di SMA Negeri 1 Salahutu ini tahun ajaran 2017 ini merupakan generasi yang benar-benar punya daya saing tinggi.”UN adalah penentu nasib bagi siswa itu sendiri. Sehingga diharapkan, sisw terus belajar tidak saja mengejar kelulusan tetapi mengejar mutu dan kualitas,”harap Lestaluhu.

Lestaluhu juga berpesan kepada pengawas UN agar tetap menjaga integritas dari ujian ini. Sebab, dengan mempertahankan integritas dan kejujuran kaka generasi yang dilahirkan tahun ini adalah generasi berkualitas.”Karena orang jujurlah yang bisa mendapatkan nilai tertinggi,”pesan Lestaluhu.

Sementara itu Kepsek SMA Negeri 1, Salahutu, M. Ali Nahumarury kepada koran ini mengakui, dalam pelaksanaan UN perdana tidak ada kendala apapun. Baik ketidak hadiran siswa maupun kendala lainnya.”Dari 172 siswa semuanya hadir dengan sehat mengikuti UN,”akui Nahumarury.

Dikatakan sistem pengawasan yang digunakan adalah sistem silang murni, dimana UN di SMA Negeri 1 Salahutu diawasi kurang lebih 18 pengawas yang berasal dari SMP 3 Salahutu, SMA Nambuasa dan MTsN Salahutu.
Kesempatan itu, Nahumarury menekankan, agar siswa dapat menjawab soal-soal UN dengan baik dan cerdas.

Sebab, meskipun UN tidak menjadi penentu kelulusan namun tetap menjadi juru kunci masa depan bagi siswa itu sendiri”Bicara UN berarti kita bicara seberapa jauh siswa itu diterima dilapangan kerja. Misalnya hendak melamar menjadi calon Prajurit TNI maupun Polri itu ditentukan atau diukur dari hasil nilai UN nya. Maka itu kalau lulus saja tapi nilainya tidak baik maka itu sangat berpengaruh,” kata Dia.

Dia optimis, dengan bekal yang sudah diberikan kepada siswa pada tahapan persiapan itu dapat mengantarkan siswa mencapai nilai yang maksimal.”Semua punya harapan yang sama. Tentu didukung dengan kesiapan -kesiapan yang sudah dilaksanakan selama ini. Dan intinya atas bekal itu saya optimis, siswa SMA Negeri 2 Salahutu, selain lulus juga memperoleh nilai memuaskan,”demikian Nahumarury. (CIK)

 

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top